Sukses Berbisnis Dimsum Meski di Atas Kursi Roda

Lewat bisnis kuliner dengan konsep food truck, Nanda Suprayitno menjajakan dimsumnya. Kini, dalam sehari, tak kurang dari 100 porsi ludes terjual. FOTO : SUREPLUS/SAHLUL FAHMI

GRESIK-SUREPLUS : Bagaimanapun kencangnya badai kehidupan, namun semangat harus tetap menyala. Hal itulah yang menjadi pedoman Nanda Suprayitno, ibu rumah tangga yang tetap survive meski menyandang keterbatasan.

Sebuah kecelakaan yang dialami sewaktu masih duduk di bangku SMP, membuat Nanda harus menggunakan kursi roda dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Meski begitu, perempuan yang kini berusia 34 tahun ini tak mau menyesali hidup.

“Awalnya sangat sedih, kecewa, menyesal. Batin saya memberontak, namun berlahan saya mencoba membesarkan hati serta belajar untuk ikhlas. Alhamdulillah, lama-lama saya menemukan kembali semangat dan rasa percaya diri,” ucap ibu satu anak ini.

Tak mau menyerah dengan kondisinya, Nanda lantas mencoba berkarya dengan menggeluti bisnis jilbab. “Ketika mulai mendapatkan hasil berjualan jilbab, rasa minder itu sedikit-demi sedikit menghilang. Saya jadi lebih percaya diri dan bersemangat,” ungkap pebisnis yang berdomisili di Perumahan Pongangan Indah, Gresik itu.

Tak puas dengan hanya berbisnis jilbab, Nanda kemudian mencoba membuka sumber rejeki baru dengan melirik bisnis kuliner. Setelah berhitung, memilih konsep food truck yang memungkinkan dirinya bisa berjualan secara mobile. Sementara produk yang ditawarkan adalah dimsum.

Untuk menjalankan bisnis tersebut Nanda dibantu oleh tiga orang karyawannya untuk menjajakan produknya keliling Kota Gresik. “Selain kami jual berkeliling, saya juga melayani pembelian secara online dengan memanfaatkan jasa ojek online,” paparnya.

Kini, dari bisnis kuliner itu Nanda bisa meraup hasil yang fantastis. Dalam sehari dirinya mengaku bisa menjual kurang lebih 100 porsi dengan harga perporsi Rp 35 ribu rupiah.

“Tuhan selalu mempunyai rencana baik asal kita bersabar dan tidak putus asa. Sungguh saya sangat bersyukur dengan semua yang saya dapatkan saat ini,” imbuh Nanda. (SAHLUL/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono