Pemkab Blitar Tumbuhkan Ekonomi Peternak Lewat Koperasi

Tuti Komaryati, Kepala Bagian Ekonomi, dan Pembangunan Pemkab Blitar. FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Pemerintah Kabupaten Blitar memiliki cara jitu dalam menumbuhkan ekonomi peternak. Salah satunya dengan mengajak seluruh peternak agar bergabung menjadi anggota koperasi.

“Tujuannya, guna mempertahankan kestabilan harga sejumlah bahan pokok. Misalnya telur ayam, daging ayam ras, serta menjaga eksistensi peternak agar tetap berkembang, meskipun harga bahan pokok sedang jatuh,” kata Tuti Komaryati, Kepala Bagian Ekonomi, dan Pembangunan Pemkab Blitar, saat ditemui sureplus.id di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Sabtu (21/7/2018).

Menurut Tuti, keberadaan koperasi ini sangat membantu pengembangan usaha setiap anggotanya. Lantaran dengan bergabung di koperasi ini hasil produksi peternak akan dipasarkan oleh koperasi ke berbagai daerah potensial.

Dia mencontohkan, dengan berdirinya Koperasi Putra Blitar, yang menaungi sekitar 400 peternak di 22 kecamatan di area Kabupaten Blitar. Saat ini hasil produksi telur milik peternak berhasil diserap oleh masyarakat DKI Jakarta. Kondisi ini terwujud karena upaya dan dukungan Bank Indonesia Kediri.

“Alhamdulillah, hasil ternak para peternak di Kabupaten Blitar diserap dengan baik oleh koperasi. Kemudian, oleh pihak koperasi dikirimkan ke sejumlah wilayah, terutama ke food station yang berlokasi di Jakarta,” katanya.

Ke depan, Pemkab Blitar juga telah memperoleh dukungan langsung dari Pemerintah Pusat. Hal ini terkait agenda business to business (B2B) dengan tiga daerah sekaligus di Pulau Sulawesi. Hal ini karena di sana memiliki persediaan jagung yang melimpah dan sangat cocok sebagai pakan ayam di Blitar.

“Lalu dari Blitar akan memasarkan telur ayam ras ke Sulawesi guna memenuhi besarnya permintaan pasar di sana,” katanya.

Dengan pengoptimalan koperasi inilah, usaha yang dirintis oleh para peternak Kabupaten Blitar makin berkembang pesat.

Dia pun berharap, peternak di daerah lain juga akan merasakan hal yang sama, setelah memanfaatkan keberadaan koperasi, baik yang berada di Kabupaten Tulungagung maupun di kawasan Kediri Raya. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono