Didukung Pemerintah Setempat, Lele Tulungagung Makin Menggeliat

Perkembangan budidaya lele
Suasana di salah satu area pengembangan ikan lele di Kabupaten Tulungagung. FOTO : TULUNGAGUNG.GO.ID

TULUNGAGUNG-SUREPLUS: Perkembangan budidaya lele di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur terbilang cukup membanggakan. Bahkan tiga tahun lalu, lele Tulungagung berhasil menguasai lebih dari 30 persen pasar Jatim. Capaian ini makin teruji saat Tulungagung jadi jujugan daerah lain untuk belajar budidaya lele.

Seperti yang dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam kunjungannya ke Tulungagung, Kamis (19/7/2018) lalu, 35 utusan mereka datang dan mengaku ingin belajar budidaya ikan lele di Kabupaten Tulungagung.

Menerima kunjungan ini, Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung kemudian mengajak mereka ke Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru di kelompok Kebon Agung yang membudidayakan ikan lele dengan sistem boster. Kemudian ke Desa Gesikan, Kecamatan Pakel, di Kelompok Mina Kedungdowo yang membudidayakan ikan lele dengan sistem konvensional.

Racmadi, pengusaha ikan lele Tulungagung, mengaku jika budidaya lele di Kabupaten Tulungagung memang cukup menjanjikan. Di Kecamatan Pakel, selain kondisi alam, baik tanah dan air, dukungan pemerintah juga cukup baik.

Tak heran jika dalam setiap hari, produksi perikanan lele dari satu sentra peternakan lele bisa mencapai 10-20 ton. “Kami bisa menjual ikan lele ke daerah lain seperti Surabaya, Kediri, dan masih banyak lagi,” akunya pada Sureplus.id, Sabtu (21/7/2018).

Di tempatnya, ia sekaligus mengajak beberapa anak muda putus sekolah bekerja dengan sistem kontrak. “Daripada mereka menganggur ya saya ajak kerja di sini. Memberi makan ikan, membersihkan air. Di sini ada 18 kolam. Katanya sih lumayan,” katanya.

Ke depan, ia juga ingin mengembangkan di kawasan lain. “Saya sudah komunikasi dengan saudara di Trenggalek. Katanya ada tempat bagus. Semoga tahun depan bisa terwujud,” harrap bapak tiga anak ini. (PRS/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono