Asyiknya Berakhir Pekan di Petro Agrifood Expo

Petro agrifood expo
Direktur Utama Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto di acara pembukaan Petro Agrifood Expo (PAE). FOTO: SUREPLUS/SAHLUL FAHMI

GRESIK-SUREPLUS: PT Petrokimia Gresik (PG) kembali menggelar Petro Agrifood Expo (PAE). Seperti di tahun-tahun sebelumnya, PAE digelar selama tiga hari, 20-22 Juli 2018 di areal Kebun Percobaan (Buncob) Kompartemen Riset PG.

Direktur Utama PG Nugroho Christijanto menyatakan bahwa PAE merupakan kegiatan tahunan untuk mengekspos berbagai aktivitas dan produk riset serta ajang peluncuran produk baru.

Selain itu, PAE juga menjadi ajang untuk menampilkan kerberhasilan petani binaan, media agroekowisata, serta penjualan berbagai produk olahan hasil pertanian.

“Acara ini kami gelar setiap tahun untuk memperlihatkan kepada publik aktivitas riset kami yang cukup lengkap, dimana semua fasilitas ini menjadi salah satu pendukung penting dalam program kedaulatan pangan nasional dan agroindustri di Indonesia,” ujar Nugroho.

PAE ke-16 ini juga menjadi media agroekowisata favorit warga sekitar pada akhir pekan. Betapa tidak, sebanyak 60 stan dari berbagai instansi di bidang agribisnis menawarkan berbagai produknya.

Masyarakat mengunjungi dan melihat pameran berbagai produk PG dan anak perusahaan. Selain itu juga terdapat pameran teknologi pertanian terbaru, berbagai kegiatan penelitian, serta aplikasi produk pengembangan PG.

“Ada juga bazaar yang menjual berbagai produk hasil pertanian dan produk olahan pertanian dari petani binaan, mitra, rekanan, dan distributor Petrokimia Gresik,” tambah Nugroho.

Selain pameran dan bazaar, pada hari Sabtu 21 Juli 2018, terdapat pelatihan gratis bagi pengunjung yang tertarik pada budidaya pertanian hidroponik dan teknik menanam padi. Pelatihan ini dipandu langsung oleh peneliti di Kompartemen Riset PG dan pengunjung dapat mempraktekkan hasil pelatihan ini di rumahnya sendiri, khususnya budidaya tanaman hidroponik.

Dan yang lebih mengasyikkan terdapat di puncak acara, Minggu (22/7/2018) dimana pengunjung dapat memetik secara langsung buah dan sayuran segar yang ditanam di lahan kebun percobaan PG dengan biaya yang sangat murah. Kegiatan ini biasanya mengundang masyarakat untuk berbondong-bondong ke lokasi ini.

Seluruh rangkaian acara PAE selama tiga hari ini sendiri merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) PG ke-46 dan selama acara berlangsung pengunjung tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

“Kami berharap warga Gresik dan sekitarnya dapat berbelanja dan menikmati akhir pekan bersama teman dan keluarga di kawasan agroekowisata Petro Agrifood Expo,” ujar Nugroho.

Bersamaan dengan acara tersebut, PG juga meluncurkan produk baru, yaitu NPK Petro Nitrat (16-16-16) dan NPS Petro Niphos (20-20-13S) yang tersedia mulai dari kemasan 1kg, 2kg, 25kg, hingga 50kg.

Produk ini telah diuji coba pada tanaman sawi, selada, dan padi di Gresik dan di Bojonegoro dengan hasil panen meningkat 10 – 25% dibandingkan pupuk yang biasa digunakan petani.(SAHLUL/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas