MPM Serius Tangani Link and Match Pendidikan Jatim

Lulusan SMK berkurikulum TSM Astra Honda, dinilai memiliki daya saing tinggi. Tahun lalu, 110 lulusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) AHM Jatim bekerja di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). FOTO : SUREPLUS/AKBAR INSANI

SURABAYA-SUREPLUS : Menyikapi Instruksi Presiden No 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, beberapa pelaku usaha pun turut aktif menyukseskan link and match dunia pendidikan dan industri. Salah satunya, PT Astra Honda Motor (AHM) yang sejak delapan tahun silam sudah mengembangkan program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda.

“Program bertajuk Pendikan Satu Hati ini kini telah diimplementasikan di 667 SMK mitra binaan di 31 provinsi di Indonesia. Salah satunya PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM),” kata Technical Service Division Head, Satyo Prahnowo, seperti disampaikan dalam rilisnya, Jumat (20/7/2018).

Ia menjelaskan, di wilayah MPM terdapat 91 sekolah yang sudah mengembangkan program TSM Honda. Alumni yang dihasilkan program ini tercatat sudah bekerja sesuai dengan keterampilan yang dipelajarinya.

Siswa lulusan SMK yang mengajarkan Kurikulum TSM Astra Honda, lanjutnya, terbukti memiliki daya saing tinggi dalam mengisi lapangan pekerjaan di industri otomotif. Tahun lalu misalnya, sebanyak 110 lulusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) AHM wilayah Jatim bekerja di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

“Pada semester pertama tahun ini pun bertambah 80 orang seiring kebutuhan yang lebih luas di jaringan main dealer Honda,” kata Satyo.

Tak hanya memiliki daya saing tinggi di industri otomotif, lulusan TBSM Astra Honda juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang sekitarnya melalui usaha bengkel Mandiri.

Sebanyak dua lulusan SMK TSM Honda binaan MPM mengikuti Astra Honda Youthpreuner Program yang diadakan oleh AHM. Program ini bertujuan mendukung kemajuan usaha yang dijalankan, oleh wirausaha muda sebagai mitra, untuk mendapatkan pembinaan dan dukungan khusus yang tidak diperoleh pengusaha bengkel muda lainnya.

Program SMK Kurikulum TBSM AHM berusaha meningkatkan kompetensi para guru melalui program pelatihan teknik berjenjang, dengan materi yang sudah disiapkan para instruktur berdasarkan perkembangan teknologi terkini. “Dan bagi para siswa, AHM memberikan kesempatan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS,” janji Satyo mengakhiri pembicaraan. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono