Kota Madiun Raih Tiga Penghargaan di Harganas ke-25

Dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke-25 di Alun-alun Rekso Gati Kabupaten Madiun, Kota Madiun memperoleh tiga penghargaan. FOTO : DISKOMINFO KOTA MADIUN

MADIUN-SUREPLUS: Kota Madiun meraih tiga penghargaan dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 di Alun-alun Rekso Gati Kabupaten Madiun, Jumat (13/7/2018). Penghargaan itu meliputi pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga, terbaik pertama Promosi dan Konseling Kesehatan Reproduksi di RSUD Kota Madiun, dan penghargaan Orang Tua Hebat yang diraih pasangan keluarga dari Kota Madiun.

Selain Kota Madiun, beberapa daerah di Jawa Timur juga mendapat penghargaan dari berbagai kategori. Piagam diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Nina Soekarwo, dan Plt Kepala BKKBN Sigit Priohutomo.

Dalam kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Sri Ismah Sugeng Rismiyanto mengatakan, penghargaan didapat bukan sekedar upaya pemerintah. Namun, juga peran masyarakat.

“Kesadaran masyarakat Kota Madiun akan kesehatan cukup baik. Buktinya tanpa banyak dikomando, masyarakat Kota Madiun sudah langsung bergerak,” katanya, seperti disampaikan dalam siaran persnya.

Ditambahkan, partisipasi masyarakat itu mulai dari yang sederhana, seperti menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan sabun, hingga aktivitas fisik. “Bahkan, masyarakat juga sudah menerapkan PHBS yang vital seperti persalinan yang ditolong tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang bayi dan balita hingga tidak merokok di dalam rumah,” pujinya.

Upaya melibatkan anak-anak dalam menerapkan PHBS, seperti menegur masyarakat yang kedapatan merokok di dalam rumah, juga layak dipuji.

“Terkait penggunaan jamban, di Kota Madiun memang sudah tinggi. Nyaris sudah tidak ada yang BAB sembarangan,” imbuhnya.

Menanggapi penghargaan yang diterima, Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto kemudian mengajak masyarakat semakin menjaga keutuhan dalam keluarga. Sebab, keutuhan dalam keluarga perlu dan penting.

Keluarga yang utuh, kata Sugeng, merupakan keluarga yang harmonis dan optimal. “Harganas merupakan momentum untuk semakin meningkatkan keharmonisan dalam keluarga. Saling menumbuhkan kasih sayang agar delapan fungsi keluarga dapat dicapai. Ini penting untuk menuju generasi emas ke depan,” tegasnya. (PRS/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono