Target 1300 Manusia Super, IRONMAN 70.3 siap Digelar di Bintan

Aksi para peserta di event tahun lalu. Tahun ini, atlet Indofood IRONMAN 70.3 Bintan akan diajak berenang sejauh 1,9 kilometer, bersepeda di jalanan Bintan sepanjang 90 kilometer, diakhiri lomba lari tiga lap sepanjang 21 kilometer. FOTO : IRONMANBINTAN.COM

JAKARTA-SUREPLUS : Ajang olahraga Indofood IRONMAN 70.3 siap digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, 18-19 Agustus 2018 mendatang. Gelaran yang masuk dalam top-10 even internasional ini sekaligus melengkapi tiga event andalan Bintan yang masuk dalam daftar 100 Wonderful Event Indonesia tahun ini.

Dalam konferensi pers yang dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenpar, Rabu (11/7/2018) lalu dijelaskan, penyelenggaraan IRONMAN 70.3 Bintan oleh MetaSport bekerjasama dengan Bintan Resort, Pemkab Bintan, dan sponsor utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini tiap tahun menunjukkan jumlah peserta yang terus meningkat.

Tahun 2016 lalu misalnya, event ini diikuti oleh 1.200 atlet dari 50 negara. Tahun ini, penyelenggara mentargetkan 1.300 peserta, dengan komposisi 1.000 peserta IRONMAN 70.3 dan 300 Ironkids fun run. Jumlah peserta ini 59 persen dari Singapura, 11 persen dari Australia, 4 persen dari Hongkong, 2 persen dari Malaysia, USA, dan Jepang, selebihnya 10 persen dari Indonesia, dan 10 persen lagi dari negara-negara lain.

Rencananya, atlet Indofood IRONMAN 70.3 Bintan akan memulai aksinya dengan berenang sejauh 1,9 kilometer di air yang tenang dan jernih, dilanjutkan dengan bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 90 kilometer, diakhiri dengan lomba lari dalam tiga lap sepanjang 21 kilometer.

Kadispar Bintan Luki Prawira mengatakan, maraknya event yang diselenggarakan di Bintan diharap mendorong peningkatan kunjungan wisman ke Bintan. Dikatakan, tahun ini diproyeksikan mencapai sekitar 500 ribu wisatawan.

Dengan agenda ini, diharap pula bisa memperkuat posisi Great Batam atau Bintan, sebagai destinasi utama selain Great Bali dan Great Jakarta. Seperti diketahui, pemerintah sudah menetapkan tiga destinasi unggulan masing-masing Great Bali, Great Jakarta, dan Great Batam atau Bintan.

Atribut ini diluncurkan bukan tanpa alasan. Karena tiga wilayah sudah memberikan kontribusi hingga 95 persen dari total kunjungan wisman ke Indonesia. Tahun lalu, jumlah kunjungan wisman sebanyak 14,2 juta. Melalui Great Bali sebesar 45 persen, Great Jakarta 30 persen, dan Great Batam atau Bintan 20 persen. (PRS/HDL) 

Editor : Hendro D. Laksono