Jazz Ambassador Amerika, Gabrielle Stravelli ke Banyuwangi Beri Workshop pada Pelajar

Jazz Ambassador Amerika Serikat, Gabrielle Stravelli (tengah), bersama suaminya yang juga musisi jazz, Pat O’ Leary (kiri), saat menggelar workshop di Banyuwangi. FOTO : HENDRO SUCIPTO

BANYUWANGI-SUREPLUS : Jazz Ambassador Amerika Serikat, Gabrielle Stravelli, datang ke Banyuwangi. Selain akan menggelar konser, Gabrielle yang datang bersama suaminya yang juga musisi jazz, Pat O’ Leary, juga menggelar workshop untuk pelajar Banyuwangi.

Rencananya, Gabrielle akan menggelar konser di El Royale Hotel, Jumat (13/7/2018) malam ini. Selain itu, ia juga menggelar workshop musik jazz yang diikuti puluhan pecinta jazz Banyuwangi, Kamis (12/7/2018).

Peserta workshop, baik pelajar,  guru seni, dan pemain musik, mengaku antusias mengikuti materi demi materi yang disampaikan pasangan suami istri itu.

Berbagai teknik dalam musik jazz disampaikan. Gabrielle juga mengajarkan cara bernyanyi ala jazz. Diiringi alat musik piano dan elektrik kontra bass, dia mengajak para pecinta jazz mengikuti alunan suaranya.

“Musik jazz merupakan genre yang membutuhkan skill khusus untuk memainkannya. Terutama kemampuan improvisasi yang lebih ketimbang musik lain. Jadi memang harus dipelajari,” jelasnya.

Dia menjelaskan, mengapa dalam rangkaiannya ke Banyuwangi juga menggelar workshop. “Di Indonesia, di Banyuwangi juga mungkin, tak mudah untuk menemukan guru jazz sebagaimana di tempat kami di New York. Karena itu kehadiran kami di sini sekaligus untuk berbagi ilmu kepada musisi dan pecinta jazz di Indonesia,” kata Gabrielle.

Bagi dia, jazz itu musik yang santai, musik yang bisa menciptakan interaksi yang intim dengan audiensnya. “Apa yang disampaikan musik dan sampai kepada audiens, itulah jazz. Kita hilangkan stigma, bahwa jazz itu rumit dan mahal,” katanya.

Gabrielle juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Banyuwangi yang konsisten menggelar musik jazz.

“Banyuwangi tak hanya indah, tapi masyarakatnya sangat familiar dengan musik jazz. Saya juga pernah dengan ada student jazz di sini. Ini bagus menurut saya,” tambahnya.
Selama di Indonesia, mereka akan menggelar konser hanya di tiga kota di Indonesia. Selain di Banyuwangi, mereka hanya manggung di Jakarta dan Surabaya. (HENDRO SUCIPTO/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono