HUT ke-46 Petrokimia Gresik Optimis Bersaing di Tengah Bisnis yang Kompetitif

PT Petrokimia Gresik genap berusia 46 tahun
Keceriaan karyawan baru PT Petrokimia Gresik seusai dilantik dalam acara peringatan HUT PT Petrokimia Gresik ke-46 di Stadion Petrokimia Gresik. FOTO : SUREPLUS/SAHLUL FAHMI

GRESIK-SUREPLUS: PT Petrokimia Gresik genap berusia 46 tahun, Selasa (10/7/2018). Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, jajaran manajemen perusahaan menggelar perayaan ulang tahun yang dipusatkan di Stadion Petrokimia Gresik.

“PT Petrokimia Gresik yang merupakan anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero) kini telah mampu bertransformasi, beradaptasi, serta berkembang sesuai dengan tantangan dan peluang bisnis,” kata Direktur Utama Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto, yang dalam kesempatan itu bertugas sebagai inspektur upacara.

Di depan undangan, karyawan, dan awak media Nugroho mengatakan, Petrokimia Gresik optimis, ke depan perusahaan ini akan jauh lebih baik.

Pria kelahiran Cepu, 22 Mei ini kemudian mengungkapkan, jika awal didirikan pada tahun 1972 Petrokimia Gresik hanya memiliki dua perusahaan dengan kapasitas produksi 39 ribu ton per tahun, maka di tahun 2018 ini Petrokimia Gresik telah menjelma sebagai produsen pupuk terlengkap di Indonesia dengan jumlah 29 pabrik berkapasitas 7,7 juta ton per tahun.

“Alhamdulillah, di usianya yang ke-46, Petrokimia Gresik masih memiliki kinerja yang cukup baik walaupun di tengah kondisi dan tantangan ekonomi global yang cukup sulit,” ucap pria yang telah menjabat Dirut sejak 13 Januari 2016 itu.

Diakui, dinamika global serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadapap Dollar AS yang akhir-akhir ini terjadi, memang menjadi hambatan utama bagi proses produksi. Karena sebagian besar bahan baku yang digunakan Petrokimia Gresik merupakan barang impor.

“Namun dengan kesatuan tekad, perencanaan yang matang, serta berbagai program efisiensi, dan mitigasi terhadap sejumlah risiko signifikan terhadap bisnis kita mampu menutup tahun 2017 dengan capaian yang cukup baik,” ungkap lulusan Pasca Sarjana bidang manajemen Bisnis dan Administrasi Teknologi, Institut Teknologi Bandung itu.

Serentetan prestasi yang membanggakan juga diraih oleh Petrokimia Gresik, baik dalam skala nasional maupun internasional. Selama tahun 2017 perusahaan dengam maskot kerbau tersebut telah mencatatkan total 107 penghargaan, yakni 52 penghargaan tingkat nasional dan 55 penghargaan tingkat internasional.

Upacara perayaan hari ulang tahun ini juga dijadikan seremoni pelepasan bagi karyawan yang telah purna tugas, serta melantik karyawan baru sekaligus memberikan penghargaan bagi karyawan berprestasi. Selain itu, manajemen juga memberikan bea siswa serta bantuan kepada beberapa yayasan. (SAHLUL/HDL)

Editor: Hendro H Laksono