Daerah Didorong untuk Terus Tingkatkan Daya Saing Produk

Otonomi Expo 2018
Mendag Enggartiasto Lukita meninjau pameran untuk melihat produk-produk yang ditampilkan oleh tiap pemerintah kabupaten, di ajang Apkasi Otonomi Expo 2018 pada 6-8 Juli 2018. FOTO: KEMENDAG.GO.ID

TANGERANG-SUREPLUS: Pemerintah daerah (Pemda) diminta untuk terus meningkatkan daya sain produknya, dalam merebut pasar global. Termasuk dengan menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

Hal itu ditegaskan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, saat penutupan dialog dan business matching Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2018 di Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Jumat (06/07/2018) lalu.

Menurut Siaran Pers yang dilansir kemendag.go.id, Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong upaya pemerintah daerah agar meningkatkan daya saing produk mereka. “Ini untuk menghadapi pasar global,” kata Enggartiasto Lukita.

Lebih lanjut dikatakan Mendag, pemerintah daerah sangat berperan untuk menjaga agar masyarakat mengonsumsi, menggunakan dan mencintai produk Indonesia. Selain itu, pemerintah daerah juga berperan dalam mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerahnya untuk membuat produk berkualitas.

“Tujuannya agar kita bisa memenuhi pasar kita. Dengan cara tersebut berarti bisa membatasi arus barang yang masuk ke Indonesia,” tandas Mendag.

Seperti diketahui, Apkasi menyelenggarakan Apkasi Otonomi Expo 2018 pada 6-8 Juli 2018. Kegiatan ini mengusung tema ‘Meningkatkan Daya Saing Daerah dalam Merebut Pasar Global’. Pameran ini ditargetkan dihadiri lebih dari 10.000 pengunjung, baik dari kalangan pelaku usaha, investor dalam negeri maupun investor dari luar negeri.

Apkasi Otonomi Expo 2018 ini diikuti sekitar 200 institusi pemerintah dan swasta dan terdapat lebih dari 400 stan. Selain pameran, digelar juga dialog dan business matching yang mempertemukan pemerintah kabupaten dengan calon investor dan pembeli potensial dari berbagai negara. Sebagai hiburan, ditampilkan pula beragam pertunjukan seni dari berbagai daerah di Indonesia. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P