Puluhan UMKM Perikanan Ramaikan Pekan Budaya Kabupaten Kediri

UMKM di sektor perikanan
Puluhan UMKM di sektor perikanan memeriahkan agenda Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun 2018. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Untuk memeriahkan agenda Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun 2018, sebanyak puluhan UMKM di sektor perikanan di area ini siap memamerkan potensi produk unggulan mereka.

“Ada sekitar 20 pelaku UMKM dari berbagai bidang di sektor perikanan yang berpartisipasi dalam Pekan Budaya dan Pariwisata tahun 2018,” kata Nur Hafid, Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, di Kediri, Kamis (5/7/2018).

Menurut dia, kehadiran puluhan UMKM ini akan menempati sejumlah stan khusus di ajang tersebut. Kemudian, mereka yang berasal dari 16 kecamatan ini bakal menyajikan beragam olahan ikan layak konsumsi.

“Bahkan, ada pula pelaku UMKM yang menampilkan sistem teknologi budidaya ikan terkini. Dengan begitu, kehadiran mereka bisa memberi inspirasi bagi masyarakat lain,” katanya.

Ditambahkan oleh Nur Hafid, untuk olahan ikan konsumsi pada agenda ini pelaku UMKM itu akan membawa produk Sate Lele, hingga Lele Asap. Berikutnya, dari sisi teknik budidaya perikanan mereka akan memamerkan penerapan sistem bioflok, yang terbukti mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Untuk diketahui, acara yang dikemas dalam bentuk pameran ini bakal digelar di kawasan Simpang Lima Gumul/ SLG Kediri pada tanggal 8 Juli hingga 14 Juli ini 2018.

Melalui event ini, lanjut dia, masyarakat di Kediri diyakini akan memiliki tambahan edukasi. Khususnya, tentang konsumsi ikan dan cara mengolahnya dengan mudah dan sederhana.

“Hal ini sekaligus mendukung program pemerintah, dalam mendorong warga Kediri gemar makan ikan,” katanya. (AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas