Ramadan, Saat Tepat Mencicipi Kelezatan Jamur Enoki Di Kediri

jamur enoki
Jamur enoki, menu baru yang ada di Cafe Fresco. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Mendengar nama jamur enoki asal Korea, mungkin hanya sebagian orang yang mengenalnya. Apalagi dari kelezatannya, terlihat belum dikenal lebih jauh oleh masyarakat di Kediri.

“Padahal selain rasanya yang renyah, gurih, jamur enoki sangat nikmat jika dikonsumsi saat Ramadan. Olahan jamur ini merupakan menu baru pada bulan Ramadan 1439 Hijriah,” kata Eggy Adityawan, Pemilik Cafe Frecso, di Jalan Soekarno Hatta, Kabupaten Kediri, Sabtu (9/6/2018).

Ketika ditanya kenapa memilih jamur ini, Eggy menceritakan, hal itu karena terinspirasi dari resep masakan istri tercintanya. Saat itu, sang istri memasak jamur enoki ini dengan bumbu tepung dan rasanya enak.

Oleh karenanya, Eggy berupaya, mengenalkan olahan jamur enoki tersebut di cafenya. Dengan harapan, menuai antusias banyak masyarakat. Hal ini pula, sekaligus untuk menambah variasi menu di gerai miliknya.

“Apalagi memang, makanan semacam ini sangat cocok disajikan saat berbuka puasa. Terlebih lagi, jamur jenis ini kan bentuknya kecil panjang dan unik, jadi bisa menarik perhatian masyarakat,” katanya.

Di sisi lain, sebagian penggemar jamur percaya, bahwa makanan ini dapat mengembalikan energi yang telah lama terkuras akibat berpuasa seharian penuh.

“Tapi dari sisi konsumen, setelah menu ini ditawarkan ke publik ternyata animo mereka sangatlah besar,” katanya.

Alhasil, putera dari orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini, terpaksa harus bepergian ke Surabaya untuk mendapatkan bahan baku jamur enoki. Tak pelak, hampir semua gerai ritel modern disambanginya, demi memanjakan penggemar jamur ini di Kediri.

“Kalau di Kediri, stok jamur enoki ini sangat terbatas. Jadi, ya harus ke Surabaya, untuk memperoleh persediaan yang cukup,” katanya. (Ayu Citra SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas