Legenda Pangkas Rambut Dari Ampel Maghfur

Jalan KH Mas Mansur, Surabaya, terkenal sebagai kawasan perdagangan dan perkampungan Arab. Lokasinya berdekatan dengan kawasan Makam Sunan Ampel.

Memasuki bulan Ramadhan menjelang sore, kawasan ini ramai dengan penjual takjil dan lalu-lalang kendaraan besar dan warga.

Di sudut Jalan Ampel Maghfur, terdapat kios berwarna hijau berukuran 2×3 meter berdiri di samping gapura. Inilah Kios MS (Mohamad Sahid), tempat potong rambut yang sangat populer di kawasan ini. Maklum, Kios MS telah berdiri sejak 40 tahun lalu. Kini, k
Kepemilikan kios tersebut sudah masuk dalam generasi ke empat.

Sekarang, tempat ini dikelola oleh Ismail (28) dan pamannya, Martuli, yang beberapa bulan ini mesti beristrahat karena jatuh sakit. Ismail sendiri bekerja di sana sejak 2011. Jurus memangkas rambut hanya diperoleh secara otodidak selama satu minggu. Meski demikian, semua pelanggannya bersepakat. Hasilnya sangat memuaskan.

Awalnya, ia hanya melihat pamannya melayani pelanggan. Selebihnya, ia belajr memangkas rambut dari Youtube. Setelah beberapa tahun jalan, pelanggan Ismail terus bertambah. Mereka datang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, pengusaha, anggota TNI, hingga pemain bola.

Model ramput yang sering diminta pelanggan yakni mohawk, tokoh kartun Tintin, bintang film Mandarin, sampai gaya rambut hardcore. Untuk biayapotong rambut dewasa, ia memasang tarif Rp 15 ribu. Sementara anak-anak Rp 10 ribu, dan cukur jenggot cukup Rp 5.000 saja.

Menjelang Ramadhan, pendapan bapak satu anak ini meningkat pesat dibanding hari biasa. Dulu, ia biasa menangani 20 pelanggan. Memasuki bulan suci ini, ia bisa melayani 30 hingga 40 pelanggan. SUREPLUS/AKBAR INSANI/DRO/FAN

Editor : Erfan Hazransyah