Upaya Berdayakan UKM, Menkeu Apresiasi Dhawa Fest 2018

[caption id="attachment_2625" align="aligncenter" width="800"]Dhawa Fest Pesona 2018 Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat memberikan sambutan di acara pembukaan Dhawa Fest Pesona 2018 di Aula Dhanapala, Jakarta (02/05/2018). FOTO: KEMENKEU.GO.ID[/caption]

JAKARTA-SUREPLUS: Acara Dhawa Fest Pesona 2018 mendapat apresiasi dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, karena dinilai berhasil menyelenggarakan acara yang memiliki reputasi baik di Jakarta dari tahun ke tahun dengan mengangkat Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Acara ini memberikan kesempatan terutama pada Usaha Kecil Menengah, baik binaan ataupun perseorangan. Digelar sebelum Ramadhan menyelenggarakan pameran dan jualan produk mereka," ujar Menkeu Sri Mulyani di Aula Dhanapala, Rabu (02/05/2018).

Bazar rutin yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjelang bulan Ramadhan ini, bertema Pesona Nusantara dari Sumatera Utara untuk tahun 2018 ini. Menurutnya, dengan memperkenalkan salah satu kekayaan budaya daerah, maka masyarakat Indonesia dapat menghargai keberagaman.

"Ini upaya kita untuk terus mengingatkan kita sebagai manusia Indonesia bahwa kita dikaruniai bangsa yang begitu Bhinneka, yang begitu beragam," katanya.

Ia menjelaskan partisipasi Dharma Wanita dalam mengadakan acara ini juga merupakan salah satu bentuk sinergi bersama Pemerintah untuk memacu ekonomi. Menurutnya, untuk dapat mencapai cita-cita negara, Pemerintah tidak bisa sendiri.

“Kerjasama dengan seluruh pihak harus terus dipupuk. Karena Indonesia harusnya adalah sebuah keluarga. Kita ingin menciptakan ruangan bersama bagi seluruh pihak untuk berprestasi dan saling mendukung," kata Menkeu.

Dhawa Fest Pesona 2018 yang digelar selama tiga hari tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain itu, pameran ini juga diharapkan dapat mendorong produk Indonesia dapat dipasarkan hingga keluar negeri.

"Semoga apa yang dilakukan selama tiga hari ini bisa memberikan rezeki berkah terutama untuk UMKM yang mengikuti. Dan mendorong masyarakat untuk membeli produk buatan Indonesia. Produk ini adalah produk unggulan. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan ekspor," kata Sri Mulyani. (PRS/AZT)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar