Udik-udikan, Tradisi Berbagi dan Silaturahmi di Desa Dukuh Kembar, Gresik

[caption id="attachment_2747" align="aligncenter" width="800"]sedekah bumi Warga Dukuh Kembar, Kecamatan Dukun, Gresik berebut uang koin saat digelar acara Udik-udikan di hajatan sedekah bumi. FOTO: SUREPLUS/SAHLUL FAHMI[/caption]

GRESIK-SUREPLUS: Desa Dukuh Kembar, Kecamatan Dukun, Gresik, Kamis (03/05/2018) menggelar hajatan sedekah bumi. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, acara tradisi itu digelar dua minggu menjelang bulan Ramadhan tiba, dan selalu meriah.

Tak hanya dihadiri oleh warga Dukuh Kembar yang berdomisili di sana, namun warga Dukuh Kembar yang berada di perantauan juga banyak yang mudik demi acara sedekah bumi. Hal itu dikarenakan mereka ingin bersama-sama mendoakan leluhur mereka.

Acara sedekah bumi di Desa Dukuh Kembar memang bertujuan untuk mendoakan para leluhur. Karena itu acara tersebut dimulai dengan berziarah bersama ke makam leluhur mereka. Dengan dipimpin oleh sesepuh desa. Warga lalu membacakan tahlil dan doa.

Seusai membaca tahlil dan doa warga kemudian menikmati berbagai macam makanan yang kebanyakan adalah jajanan pasar yang dibawa oleh warga sendiri. Tak jarang dari mereka saling bertukar makanan sehingga nuansa kebersamaan terlihat kuat di acara tersebut.

Sebagai acara puncak warga melakukan acara Udik-udikan. Sebagian warga yang telah mempersiapkan uang koin dari rumah lalu melemparnya ke udara, sementara warga yang lain berebut mengambil uang koin yang telah terjatuh di tanah. Konsep Udik-udikan adalah tradisi berbagi yang dikemas secara unik oleh warga Dukuh Kembar.

"Tujuan utama dari acara sedekah bumi ini adalah sebagai wujud rasa syukur kami kepada Tuhan. Kedua adalah mendoakan para leluhur sebagai bentuk penghormatan kami kepada beliau-beliau yang telah mendahului kami," kata Asikin, Kepala Desa Dukuh Kembar kepada Sureplus.id.

Selain itu acara sedekah bumi itu juga dijadikan ajang bersilaturahmi antar keluarga dan warga Dukuh Kembar. "Banyak warga kami yang tinggal di luar, baik karena alasan menikah atau merantau. Tapi biasanya mereka akan mudik ketika acara sedekah bumi karena mereka juga ingin mendapatkan berkah dari acara ini," ungkap Asikin. (SAHLUL FAHMI/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar