Mitra Binaan Pertamina Ajari Pengunjung Cara Menyulam

[caption id="attachment_2830" align="aligncenter" width="800"]belajar menyulam gratis Pengunjung booth Pertamina diajak belajar cara menyulam oleh Endang Rachminingsih, salah seorang mitra binaan Pertamina. FOTO: PERTAMINA.COM[/caption]

JAKARTA-SUREPLUS: Ajang Indonesia Petroleum Assciation (IPA) Convetion and Exhibition, yang digelar di Jakarta Convetion Center, tak hanya melulu bicara soal Migas. Ada yang menarik di booth Pertamina saat hari kedua pameran. Apa itu? Pengunjung booth Pertamina diajak belajar menyulam gratis oleh Endang Rachminingsih, salah seorang mitra binaan Pertamina.

Seperti dikutip dari Energia News di situs pertamina.com, Sabtu (05/05/2018), peserta workshop tak hanya mendapatkan ilmu menyulam, mereka juga mendapat alat menyulam sederhana seperti kain, benang, jarum dan pemidangan. Pengunjung tampak antusias untuk belajar menyulam. Kebanyakan mereka baru pertama kali belajar menyulam. Yang diajarkan pun teknik sulam yang paling sederhana, yaitu sapu tangan motif bunga.

"Workshop ini menjadi sarana belajar para pengunjung bagaimana mengisi waktu senggang dengan menyulam. Kegiatan ini bisa dilakukan sambil menunggu anak pulang sekolah, pulang kerja, atau saat akhir pekan," ujar Endang.

Ia mengatakan, belajar menyulam harus santai, tenang dan bahagia maka hasilnya akan bagus. Begitu pun sebaliknya, jika dikerjakan terburu-buru maka hasilnya tidak akan maksimal dan bisa jadi hasilnya kusut. "Intinya, menyulam itu hanya butuh kesabaran. Sama seperti hidup kita yang harus selalu sabar. Kalau tidak hidup kita akan berantakan," ujarnya.

Menurut Endang, menyulam dapat menjadi sarana mengekspresikan hati dan pikiran. Ia menekankan arti penting menikmati proses dalam pembuatan sulam. "Kita jangan melihat hasilnya lebih dulu. Nikmati proses belajar menyulam, maka hasil akhirnya akan membuat kita bahagia," tutupnya. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar