Facebook Tambahkan Layanan Kencan

[caption id="attachment_2677" align="aligncenter" width="800"]Facebook layanan kencan Ilustrasi. FOTO: FACEBOOK.COM[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Ada kabar baik bagi pengguna facebook. Pasalnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg memastikan perusahaannya akan menambahkan layanan kencan pada jejaring media sosial terbesar di dunia ini. Hal itu ditegaskan oleh Mark saat Konferensi Pengembang Facebook F8 2018, Selasa (1/5/2018) lalu.

Seperti dikutip dari Gizmochina, sebetulnya Facebook sudah mempertimbangkan untuk menambahkan fitur kencan lebih dari satu dekade lalu, namun baru sekarang perusahaan itu menyediakan layanan ini bagi para pengguna.

Salah satu alasan pemberian layanan tersebut berdasarkan beberapa survei pasar yang mengungkapkan bahwa Facebook terutama digunakan oleh orang-orang di kelompok usia 25-55 tahun. Oleh karena itu, fitur kencan baru tampaknya menjadi strategi baru yang digunakan Facebook untuk menarik generasi muda.

Facebook mengakui, bahwa pada akhir 2017 ditemukan penurunan penggunaan sosmed ini sekitar 50 juta jam per hari. Maka, pembuatan fitur kencan ini merupakan strategi Facebook untuk meningkatkan basis pengguna di kalangan konsumen muda, dan memaksa lebih banyak orang untuk berkunjung dan tinggal lebih lama di Facebook.

Menurut Mark, ada 200 juta pengguna Facebook yang telah mendaftarkan diri mereka sebagai single yang menunjukkan bahwa orang-orang seperti itu akan ingin menggunakan fitur kencan.

Untuk berkencan di Facebook, pengguna akan diminta untuk membuat "profil kencan" baru. Profil ini hanya akan terlihat oleh non-teman yang menggunakan fitur kencan.

Pengguna kemudian dapat menjelajahi Acara dan Grup di kota untuk membayar orang-orang yang memiliki minat yang sama. Misalnya, jika pengguna menghadiri acara, dia dapat memilih opsi profil "buka kunci" untuk melihat kecocokan potensial dan orang-orang yang menghadiri acara yang sama. Begitu juga sebaliknya, orang yang dilihatnya juga bisa melihat dirinya.

Facebook hanya akan menampilkan orang-orang yang berbagi minat dan teman bersama. Setelah menemukan orang yang cocok untuk saat ini, dia dapat memulai percakapan melalui layanan pesan khusus yang hanya mendukung pesan teks. Untuk alasan keamanan, itu tidak akan memungkinkan pengguna mengirim gambar atau tautan.

Tidak ada konfirmasi kapan fungsi kencan akan tersedia untuk pengguna umum. Pada konferensi F8, dikatakan bahwa Facebook akan membagikan lebih banyak informasi tentang pengujian fitur baru akhir tahun ini.(GCC/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar