Bupati Lamongan Optimis Hasil USBN SD/MI Semakin Baik

[caption id="attachment_2738" align="aligncenter" width="800"]Ujian Sekolah Berstandar Nasional Bupati Lamongan, H Fadeli saat melakukan sidak USBN di SDN Jetis III, MI Murni dan SD Muhammadiyah, Kamis (03/05/2018). FOTO: SUREPLUS/SAHLUL FAHMI[/caption]

LAMONGAN-SUREPLUS: Sampai dengan tiga hari ke depan, siswa SD/MI akan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Berbeda dengan ujian sebelumnya, dalam soal USBN kali ini sebanyak 10 persen di antaranya berupa uraian.

Terkait hal itu, Bupati Lamongan, H Fadeli percaya siswa SD/MI di Lamongan sudah siap. Karena sebelumnya sudah diadakan sejumlah tryout dan doa bersama sebagai kesiapan mental. “Saya yakin dengan persiapan yang matang, semuanya siap melaksanakan USBN. Tingkat SD dan MI inikan yang menentukan kelulusan sekolah, tinggal prestasinya. Saya harap kualitasnya juga baik,” ujarnya saat melakukan sidak USBN di SDN Jetis III, MI Murni dan SD Muhammadiyah, Kamis (03/05/2018).

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Adi Suwito menyebutkan dari 1.055 lembaga SD/MI baik negeri maupun swasta, yang menjadi penyelenggara peserta USBN sebanyak 1.031 lembaga.

Karena ada dua SD negeri dan tujuh SD swasta yang tidak memiliki murid kelas 6.

Selain itu, sebanyak 12 MI swasta menggabung USBN di lembaga lain karena belum mendpat akreditasi. Untuk jumlah siswa yang mengikuti sebanyak 17.902 orang. Terdiri dari 9.339 dari SD negeri dan swasta, serta 8.563 dari MI negeri dan swasta.

Selain prestasi non akademik, USBN ini nantinya akan menjadi salah satu kriteria untuk pendaftaran di SMP. USBN di hari pertama mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, kemudian di hari kedua Matematika dan selanjutnya IPA. (SAHLUL FAHMI/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar