BPS Kota Kediri Pastikan Harga Bawang Merah Terkendali

[caption id="attachment_2583" align="aligncenter" width="800"]Gejolak harga bawang merah BPS Kota Kediri meyakini harga bawang merah akan terkendali dengan baik. FOTO; SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Gejolak harga bawang merah yang mengalami fluktuasi pada beberapa waktu terakhir, diyakini Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri akan terkendali dengan baik.

Menurut Kepala BPS Kota Kediri, Ellyn T. Brahmana, pergerakan harga bawang merah memang sempat melonjak signifikan. Khususnya pada awal bulan, hingga akhir bulan April lalu. Namun sekarang, gejolak harganya tidak terlalu tinggi.

"Bahkan bisa dikatakan semakin mengarah ke stabil," katanya, di Kota Kediri, Rabu (2/5/2018).

Ditambahkan oleh Ellyn, secara umum kenaikan harga bawang merah ini masih dapat dijangkau oleh masyarakat. Apalagi kenaikan harga bahan pokok lain, juga relatif minim.

"Lantaran kenaikan harganya relatif kecil, dari minggu ke minggu," katanya.

Selain itu, ulas dia, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri juga telah memastikan bahwa di pasaran, pasokan bawang merah ada di sejumlah pasar tradisional di Kota Kediri. Hal ini didasari hasil pemantauan stok bawang merah di berbagai titik yang ramai dikunjungi konsumen.

"Namun persediaannya belum melimpah, karena saat ini memang belum memasuki musim panen raya," katanya.

Di sisi lain, Srianah, seorang ibu rumah tangga di Kediri mengaku, memang jelang Ramadhan ini tampak kenaikan harga bawang merah. Bahkan, harganya sudah mencapai posisi Rp 35.000 per kilogram. Angka ini mengalami kenaikan Rp 5.000 per kilogram, jika dibandingkan dengan harga pada kondisi normal. (AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar