ACT Ajak Masyarakat Jatim “Beri Ramadhan Terbaik”

ACT Jawa Timur
ACT Jawa Timur luncurkan program kerja “Beri Ramadhan Terbaik”. FOTO: ACT JATIM

SURABAYA–SUREPLUS: Menyambut bulan suci Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) turut mengajak bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Timur untuk mewujudkan amal saleh untuk kemanusiaan, baik untuk sesama bangsa Indonesia maupun untuk meringankan krisis kemanusiaan global. Semua terangkum dalam program kerja “Beri Ramadhan Terbaik”, yang resmi diluncurkan oleh ACT Jawa Timur, Rabu, (16/5).

Program “Beri Ramadhan Terbaik” menekankan pada aksi-aksi kemanusiaan berbalut nilai-nilai religi yang siap digelar pada Ramadhan kali ini. Aksi-aksi kemanusiaan tersebut akan diimplementasikan dalam kegiatan diantaranya berupa Kapal Ramadhan, Humanity Food Truck, Penyaluran Lemari pendingin untuk Masjid, Mobile Sosial Rescue (MSR) untuk masyarakat kurang mampu untuk biaya berobat.

Kapal Ramadhan yang sedianya menjadi program khusus untuk menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang berada di kawasan pesisir atau di pulau-pulau kecil yang ada di wilayah Jawa Timur dan Madura.

“Melalui Kapal Ramadhan ini, kami berharap dapat menjadi penyambung tangan antara masyarakat perkotaan yang notabene lebih baik secara ekonomi dan masyarakat terpencil yang hidup mengandalkan potensi alam sekitar. Sehingga rasa kepedulian masyarakat yang tengah memuncak di bulan suci ini bisa tersalurkan dengan tepat dan lebih bermanfaat,” ungkap Ponco Sri Ariyanto, Branch Manager ACT Jatim.

Program Kapal Ramadhan merupakan simbolisasi bahwa kepedulian masyarakat yang sedang membumbung tinggi di bulan suci ini dapat tersampaikan hingga menyisir daerah-daerah yang terputus daratan. Artinya daerah tersebut dari sisi geografis hanya bisa ditempuh dengan kapal atau perahu, sedangkan dari sisi ekonomi di garis kemiskinan.

Menjelang datangnya bulan penuh berkah ini, Kapal Ramadhan telah berlayar menyisir Dusun Kalikajang Desa Gebang yang terletak di antara Sungai Kali Alo Desa Kupang Kecamatan Jabon dan Sungai kalikajang Gebang Kecamatan Sidoarjo. Dua sungai ini terhubung dengan Sungai Penatar Sewu Tanggulangin Sidoarjo dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer.

Untuk menyusuri sungai ini, pengunjung harus terlebih dulu menyewa perahu dari Sungai Penatar Sewu Tanggulangin menuju Kalikajang. Tarif satu perahu untuk menyusuri Sungai Kalikajang ini Rp 400 ribu dengan berpenumpang sekitar 10 orang dewasa. Desa Kalikajang adalah potret sekilas tentang titik sandar Kapal Ramadhan untuk menyalurkan bantuan-bantuan dari masyarakat.

Selain itu, ACT Jatim juga akan mengoperasikan Humanity Food Truck (HFT) yang dimiliki ACT untuk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan baik di perkotaan dan juga pedesaan. Insya Allah, Ramadhan ini Humanity Food Truck akan dikemas menjadi Food Van yang lebih sederhana dan menjangkau titik lokasi yang lebih sempit.

Secara rutin ACT Jatim akan berbagi 100 box makanan siap saji perhari melalui program Humanity Food Van. Makanan siap saji ini nantinya akan dibagikan untuk buka puasa di berbagai titik lokasi di perkotaan dan pedesaan wilayah Jawa Timur.

Di sisi lain, program Mobile Sosial Rescue (MSR) yang menangani pasien medis kurang mampu yang memerlukan biaya tinggi serta tidak tercover oleh BPJS. ACT Jawa Timur saat ini akan mengangkat kasus pasien/penderita penyakit kronis yang memerlukan biaya pengobatan.

Sedangkan program Global ACT antara lain yaitu solidaritas kemanusiaan dunia islam (SKDI), yaitu program pangan untuk membantu masyarakat di negara konflik maupun negara miskin.(PRS/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas