XL Axiata Terus Perluas Penetrasi Layanan Data

[caption id="attachment_2453" align="aligncenter" width="800"]Penetrasi layanan data XL Axiata Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS XL yang berada di pulau Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (27/04/2018). FOTO: XL AXIATA[/caption]

TANJUNGPINANG-SUREPLUS: Penetrasi layanan data XL Axiata telah mencapai 93 persen populasi Indonesia. Hingga saat ini, cakupan jaringan data XL Axiata telah melayani masyarakat di kurang lebih 4.226 kecamatan yang berada di 406 kota dan kabupaten, di seluruh Indonesia.

Seperti dikutip dari Siaran Pers XL Axiata, Jumat (27/04/2018), hal itu membuat PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berupaya untuk terus memperluas jaringan data berkualitas 3G dan 4G LTE ke berbagai pelosok Tanah Air.

Selain perluasan, XL Axiata juga terus meningkatkan kualitas jaringan data seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan memanfaatkan layanan data untuk meningkatkan produktifitasnya.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan, sriring dengan perluasan tersebut, BTS 3G dan 4G LTE juga terus bertambah, dan hingga kini telah mencapai lebih dari 105 ribu unit BTS yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, infrastrukur jaringan fiber optic juga telah mencapai lebih dari 45 ribu km.

“Perluasan dan peningkatan kualitas data harus kami lakukan, karena selain kebutuhan masyarakat atas akses data yang terus meningkat juga banyaknya permintaan dari pelanggan di daerah-daerah baru, terutama di luar Jawa,” katanya.

Yessie menambahkan, peningkatan permintaan ini bisa dilihat dari terus meningkatnya trafik data. Hingga akhir 2017 lalu, trafik data mencapai 1.280 TB atau tumbuh hingga sekitar 10 kali lipat jika dibandingkan pada tahun 2014 lalu, ketika layanan 4G baru saja diluncurkan XL Axiata. Hingga akhir 2018 nanti, diperkirakan trafik terus tumbuh hingga mencapai lebih dari 3.000 TB.

Seiring dengan perluasan jaringan data, XL Axiata juga meningkatkan kualitas jaringan data dengan menerapkan sejumlah teknologi pendukung yang inovatif. Teknologi tersebut memungkinkan peningkatan kualitas layanan, yaitu Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan Teknologi 4.5G yang terdiri dari LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4x4 MIMO.

Semua inovasi tersebut memungkinkan jaringan data XL Axiata bisa memberikan layanan akses internet yang lebih cepat hingga 100 Mbps dan lebih stabil. XL Axiata pun memprediksi, trafik layanan data akan kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadhan dan libur Lebaran tahun 2018 ini. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar