Uniknya Peringatan Hari Kartini di Situs Bung Karno Kediri

[caption id="attachment_2167" align="aligncenter" width="800"]Situs Bung Karno Upacara memperingati Hari Kartini berlangsung unik di Situs Bung Karno, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu (21/04/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Tanggal 21 April diperingati seluruh Bangsa Indonesia sebagai Hari Kartini. Begitu pula di Kediri. Tahun 2018 ini peringatan Hari Kartini berlangsung unik di Situs Bung Karno, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu (21/04/2018).

Keunikan tersebut, terlihat di sejumlah sudut salah satu destinasi wisata budaya dan sejarah tersebut. Selain menyanyikan lagu Indonesia Raya juga dinyanyikan lagu Indonesia Raya lengkap stanza 2 dan 3.

"Kalau di upacara lainnya, kita hanya menyanyikan stanza 1 yang sebetulnya merupakan pembuka lagu Indonesia Raya karya WR Supratman," kata Pengurus Situs Bung Karno Dalem Pojok, Kushartono, saat mengikuti upacara Peringatan Hari Kartini, di Situs Bung Karno, Kabupaten Kediri, Sabtu (21/04/2018).

Pada perhelatan ini, ungkap dia, para pesertanya terdiri dari warga setempat. Mereka tampak mengikuti upacara peringatan Hari Kartini ini dengan sederhana. Dicontohkan oleh Kushartono, bila pada umumnya peserta upacara berpakaian dengan seragam, tapi kini mereka justru menggunakan pakaian adat jawa.

"Kendati demikian, tidak mengurangi kekhidmatan dalam pelaksanaan upacara tersebut," katanya.

Idealnya, imbau dia, Kartini zaman sekarang tak hanya mengenakan pakaian kebaya saja. Khususnya pada saat peringatan Hari Kartini. Namun, ada baiknya semangat perjuangan Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan hak wanita juga diteladani.

"Sosok Kartini sebagai Pahlawan Nasional, juga harus diteladani semangat kemanusiaannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Misalnya saja, lanjut dia, seperti keberpihakan masyarakat kepada mereka yang tidak mampu. Dengan begitu, ke depan kalangan tersebut dapat memiliki kesetaraan dalam menempuh pendidikan. Bahkan, dapat menjadi bekal bagi mereka saat dewasa kelak. (AYU CITRA SR/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar