UMKM Kota Kediri Jajaki Pasar Afrika Selatan

[caption id="attachment_2249" align="aligncenter" width="800"]UMKM Kota Kediri Perluas pangsa pasar produk UMKM lokal, maka Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri menjajaki peluang di Afrika Selatan. FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Untuk memperluas pangsa pasar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, maka Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri menjajaki peluang di Afrika Selatan.

"Langkah ini seiring dengan antusiasme yang sangat besar dari konsumen di Afrika Selatan terhadap produk dari Indonesia, termasuk asal Kota Kediri," kata Setyo Hadi, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM Kota Kediri, di Kota Kediri, Selasa (24/4/2018).

Menurut dia, pada awalnya upaya ini dilakukan karena penunjukan pihak Kadin Jawa Timur kepada Kadin Kota Kediri. Pada saat itu, pengurus Kadin setempat terpilih untuk mewakili Jawa Timur dalam agenda Business to Business (B2B) dengan sejumlah perwakilan asal Afrika Selatan.

"Pertemuan kami ini berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada pertengahan April lalu," katanya.

Setyo Hadi menambahkan, dari hasil pertemuan ini diketahui bahwa permintaan pasar Afrika terhadap produk Jawa Timur sangat luar biasa. Misalnya untuk produk makanan minuman, beragam produk fashion, dan lainnya.

Oleh karena itulah, dia optimistis, pada tiga bulan mendatang, pihak Kadin setempat berencana berangkat ke Afrika Selatan secara mandiri. Hal ini guna melakukan penetrasi pasar di negara tersebut.

"Saat itu, kami juga akan membawa aneka produk khas Kediri," katanya.

Lebih lanjut, imbuh dia, beragam produk khas Kediri ini Seperti halnya berbagai kain batik, hingga produk makanan minuman yang dibuat oleh UMKM asli Kediri.(Ayu Citra SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar