UMKM Harus Pandai Membuat Jurnal Keuangan

[caption id="attachment_2002" align="aligncenter" width="800"]jurnal keuangan Ketua Bidang Ekonomi Kreatif HIPMI Kabupaten Kediri, Eggy Adityawan, saat pelatihan pembuatan jurnal keuangan di Fresh Coworking Space Kediri, Rabu (18/4/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Dalam mengembangkan bisnis di sektor UMKM, hal tersebut dibutuhkan berbagai strategi usaha. Salah satunya bagaimana pelaku UMKM harus pandai membuat jurnal keuangan.

Kondisi ini terlihat saat pelatihan pembuatan jurnal keuangan, yang dihadiri puluhan pelaku UMKM asal Kabupaten Kediri.

"Untuk membantu pelaku UMKM, kami sengaja mendatangkan ahli keuangan yang bisa berbagi pengalaman membuat pembukuan. Khususnya di sektor UMKM," kata Ketua Bidang Ekonomi Kreatif HIPMI Kabupaten Kediri, Eggy Adityawan, di Fresh Coworking Space Kediri, Rabu (18/4/2018).

Menurut Eggy, laporan keuangan merupakan sesuatu yang final dari sebuah usaha terutama UMKM. Oleh karenanya saat itu pihaknya mengajak sekitar 40 pelaku UMKM di wilayah kerjanya.

"Saat pelatihan ini, kami menghadirkan pengurus Fresh Coworking Space, Nur Cahyo Utama, dan pemateri dari Szeto Consultans Jakarta," ujarnya.

Dalam pemberian materi, tambah dia, setiap wirausaha mandiri tersebut juga dijelaskan tentang pembuatan laporan keuangan. Dengan cara ini,pihaknya ingin memberi ilmu baru tentang konsultasi secara online melalui software dari SAC.

Ditambahkan Pengurus Fresh Coworking Space Kediri, Nur Cahyo Utama, secara umum, para UMKM Kabupaten Kediri sangat antusias dengan pelatihan ini. Apalagi, selama ini mereka cenderung lebih fokus ke pemasaran dan produksi.

"Akibatnya, untuk pembuatan laporan keuangan sering disampingkan oleh UMKM," katanya.

Dia melanjutkan, acara ini juga diisi dengan kegiatan tes membuat laporan keuangan. Yang mana soal itu disusun langsung oleh panitia. Secara berkelompok, seluruh peserta saling berdiskusi dalam mengerjakan soal tersebut.

"Umumnya, para pelaku UMKM ini sangat bersemangat dalam belajar membuat laporan keuangan. Hal ini sekaligus untuk keberlangsungan usaha mereka ke depan," katanya.(AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar