Taspen Save, ASN Bisa Menambah Tabungan Hari Tua

[caption id="attachment_2519" align="aligncenter" width="800"]Tabungan Hari Tua Sekda Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi (kiri) mendapatkan penjelasan dari Kepala Kantor Cabang Utama PT Taspen (Persero) Surabaya, Achmad Mochtarom. FOTO: SUREPLUS/SAHLUL FAHMI[/caption]

LAMONGAN-SUREPLUS: Aparatur Sipil Negara (ASN) Lamongan kini diberikan keleluasaan untuk meningkatkan jumlah dana Tabungan Hari Tua (THT) mereka saat sudah pensiun nanti. Selama ini, THT PNS yang bisa dicairkan saat pensiun maksimal hanya bejumlah Rp 70 juta. Dengan program baru dari PT Taspen (Persero) ini, ASN Lamongan saat pensiun nanti bisa mendapat dana hingga lebih dari Rp 1 miliar.

Seperti dijelaskan Kepala Kantor Cabang Utama PT Taspen (Persero) Surabaya, Achmad Mochtarom saat melakukan audiensi dengan Sekkab Yuhronur Efendi, Senin (30/04/2018). Program Taspen Save tersebut menjadi semacam program top up tambahan bagi THT ASN.

“Dengan Taspen Save ini, jumlah THT yang semula rata-rata Rp 40 juta hingga Rp 70 juta saat pensiun, bisa berpotensi ditingkatkan sampai dengan Rp 1 miliar lebih. Dengan demikian diharapkan kesejahteraan ASN pada saat memasuki masa pensiun lebih terjamin dan meningkat,” jelas Achmad Mochtarom.

Selama ini, dana THT ASN diambilkan dari pemotongan gaji 3,5 persen setiap bulannya. Hingga pensiun, dana yang terkumpul untuk dicairkan bervariasi antara Rp 40 juta sampai dengan Rp 70 juta. Sedangkan lewat program ini, ASN diberi keleluasaan untuk meningkatkan dana pensiun mereka. Karena Taspen Save ini akan dicairkan bersamaan ketika ASN memasuki pensiun.

Achmad Mochtarom menjelaskan ini adalah program yang sifat kepesertaannya sukarela bagi ASN. Dengan premi minimal Rp 100 ribu dan maksimal Rp 2 juta setiap bulannya. Yuhronur Efendi sendiri menyambut baik program dari salah satu BUMD tersebut. Dia meminta agar sosialisasinya dilakukan dengan baik. (SAHLUL FAHMI/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar