Proyek RTH Brantas Belum Tuntas

[caption id="attachment_1796" align="aligncenter" width="800"] Proyek pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Brantas, yang berada di tepi Sungai Brantas, Kota Kediri dan dipastikan belum tuntas 100 persen. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Brantas, yang berada di tepi Sungai Brantas, Kota Kediri dipastikan belum tuntas 100 persen. Padahal, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri telah mengenalkan kawasan yang digadang-gadang sebagai destinasi wisata baru di Kota Tahu ini, melalui agenda Soft Launching, Sabtu (07/04/2018) lalu.

"Faktor penyebabnya, pembangunan RTH Brantas ini kurang satu tahap lagi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kediri, Sunyata, di Kediri, Kamis (12/04/2018).

Dia mencontohkan, pembangunan itu akan difokuskan ke bagian Utara Taman Brantas. Tahapan ini disesuaikan dengan rencana awal, karena taman ini akan dibangun lagi sepanjang 900 meter.

Namun permasalahannya, dalam melanjutkan pembangunannya diperlukan kucuran dana besar. Untuk itu, dia berharap ada kucuran dana tambahan, baik dari Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

"Ke depan, setelah selesainya pembangunan Taman Brantas tahap satu ini, Pemkot Kediri akan menambah RTH lain di Kota Kediri," katanya.

Sunyata optimistis, dengan banyaknya jumlah RTH di Kota Kediri, hal tersebut mampu memberikan ruang bagi masyarakat untuk rekreasi bersama keluarga mereka. Bahkan sekaligus membantu anak-anak agar memiliki area khusus untuk bermain dan mengembangkan bakat mereka.

"Kami yakin, taman ini dapat memfasilitasi beberapa komunitas di Kota Kediri. Hal ini juga mendukung hobi khusus yang dimiliki warga, untuk bisa mengembangkan kreativitas mereka," katanya.

Misalnya saja, lanjut ia, bagi penggemar permainan papan luncur atau skateboard. Ada pula pemilik hobi sepeda BMX dan penyuka olahraga lari. "Mereka bisa mengoptimalkan beberapa fasilitas di RTH ini, terutama lintasan untuk penghobi sepeda BMX dan skateboard. Di sini juga ada jogging track," katanya. (AYU CITRA SR/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar