Percantik Taman Surya, Ratusan Tupai Dilepas ke Pepohonan

[caption id="attachment_2404" align="aligncenter" width="800"]Taman Surya Walikota Surabaya, Tri Rismaharini melepas tak kurang dari 300 ekor tupai ke pepohonan di halaman Taman Surya Balaikota Surabaya, Kamis (26/04/2018). FOTO: SURABAYA.GO.ID[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Melengkapi ragam flora dan fauna yang ada di Taman Surya Balaikota Surabaya, sekaligus sebagai sarana edukasi bagi anak-anak, Walikota Surabaya Tri Rismaharini melepas tak kurang dari 300 ekor tupai di halaman Taman Surya, Kamis (26/04/2018).

Begitu dilepas, tupai kelapa yang berasal dari Lampung itu langsung menuju ke habitatnya di pepohonan taman. Sebelum dilepas, sudah disiapkan buah-buahan dan sayur-sayuran seperti pepaya, kelapa dan jagung yang sudah tersebar di atas pepohonan di Taman Surya.

Seperti dikutip dari situs surabaya.go.id, Kamis (26/04/2018), Walikota Risma yang memang memiliki concern lebih terhadap keindahan taman, sudah lama menginginkan ada habitat tupai di Taman Surya.

"Burung merpati sudah ada di taman, kupu-kupu juga kalau sedang musim bunga banyak dan seusai musim hujan bisa dijumpai. Nah, tinggal tupai saja yang belum ada di taman. Oleh karena itu saya datangkan tupai, biar bisa hidup bebas di taman ini," kata Risma.

Ia juga menuturkan, bahwa ini sudah menjadi keinginannya sejak lama. "Saya dari dulu ingin. Sampai beli juga beberapa, akhirnya tercapai sekarang tupainya banyak sekali," ungkap Risma.

Pelepasan tupai ini juga sebagai sarana edukasi, khususnya bagi anak-anak, "Saya sediakan tupai di sini karena di tengah kota sekarang jarang dijumpai tupai yang hidup bebas. Ini untuk edukasi juga, khususnya bagi anak-anak,” tegas Risma.

Walikota juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya pada para pengunjung taman, untuk tidak merasa takut terhadap tupai-tupai ini dan menghimbau supaya pengunjung taman tidak mengganggu hewan-hewan yang ada di taman Surabaya. “Biarkan mereka hidup di alam bebas. Jangan takut, juga jangan sampai diganggu,” katanya. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar