Masuki Masa Pensiun, ASN Polri Dibimbing Jadi Wirausaha

[caption id="attachment_1715" align="aligncenter" width="800"]ASN Polri Pembekalan keterampilan wirausaha terhadap para ASN Polri yang akan memasuki pensiun, digelar di delapan wilayah Polda Jatim. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Memasuki masa pensiun, sejumlah Aparat Sipil Negara (ASN) Polri di Kota Kediri, dibimbing untuk menjadi wirausaha baru. Kegiatan pembekalan keterampilan pun sudah disiapkan untuk para ASN Polri yang akan memasuki pensiun.

"Upaya ini kami lakukan dengan menggelar kegiatan pembekalan keterampilan terhadap para ASN Polri yang akan memasuki pensiun. Khususnya mereka yang berada di jajaran Polda Jatim," kata Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Kediri, Jumadi, di Ruang Tegowangi Grand Surya Hotel Kediri, Rabu (11/04/2018).

Menurut Jumadi, pembekalan ini dilaksanakan di delapan wilayah Polda Jatim. Total ada 1.691 anggota dan ASN Polri yang akan memasuki masa purna. Dalam pembekalan ini akan diberikan pelatihan keterampilan sesuai dengan potensi di wilayahnya. "Nantinya, setelah purna, anggota dan ASN Polri dapat menjadi entrepreneur atau wirausaha mandiri," ujarnya.

Ke depan, tambah dia, pemerintah dapat memfasilitasi para anggota maupun ASN Polri yang berwirausaha untuk ikut pameran. Apabila memiliki kualitas yang bagus maka mereka juga bisa diikutkan ekspor. "Nah, itulah fasilitasi yang dapat kami berikan," katanya.

Bahkan, kata dia, pemerintah juga bisa memberikan dukungan untuk kelembagaan dan jaringan pemasarannya. Seperti diikutkan dalam organisasi semacam Dekranasda. "Bila mereka mau, kita bisa ikutkan dalam Dekranasda, yang terpenting adalah bagaimana produknya bisa dijual ke luar daerah," katanya.

Terlebih, lanjut ia, di Jawa Timur ada lembaga yang memiliki beberapa outlet untuk memasarkan produk, di mana ada 24 outlet dan enam provinsi yang telah bekerja sama. Bahkan produk-produk lokal di Jawa Timur telah dipamerkan di Tianjin dan Singapura. "Kami mengajak teman-teman anggota maupun ASN Polri di jajaran Polda Jatim untuk ikut bergabung," katanya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Jatim, Kombes Pol. Ihsan Amin, mengemukakan, kegiatan ini merupakan program dari pimpinan Polri yang diturunkan pada Polda dan Polres untuk menyiapkan kompetensi anggota maupun ASN Polri, menjelang pensiun. Ke depan, mereka mampu membuka lapangan pekerjaan dan memiliki keterampilan.

"Jadi dalam kegiatan ini mereka tak hanya mendapatkan teori, tapi juga praktek," katanya. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dihadiri Kapolres jajaran eks Polwil Kediri, perwakilan dari BTPN, dan perwakilan PT BISI. (AYU CITRA SR/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar