Legenda Entit, Penyemangat UMKM di Kabupaten Kediri

[caption id="attachment_1678" align="aligncenter" width="800"]Legenda Entit Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno ingin para pelaku UMKM menjiwai semangat Entit, legenda petani sukses pada zamannya. Terutama saat mengembangkan usaha. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Legenda Entit, tak hanya dikenal oleh warga masyarakat di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Entit, adalah seorang petani sukses pada zamannya.

Pada masa itu, konon Entit memiliki pamor positif dengan segala sisi kehidupannya. Petani asal Kabupaten Kediri ini diyakini mengusung semangat kekeluargaan, kebersamaan dan gotong royong.

"Dari sosok Entit inilah, kami ingin para pelaku UMKM menjiwai semangatnya, terutama saat mereka mengembangkan usaha," kata Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, di Kabupaten Kediri, Selasa (10/04/2018).

Dalam meneladani kisah Entit, Haryanti mengimbau kepada seluruh UMKM di daerah kerjanya. Bahkan, saran serupa juga disampaikannya di hadapan sejumlah pelaku UMKM yang berpartisipasi pada Pekan Raya Colors of Panji, Minggu (08/04/2018) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Haryanti juga menyempatkan diri berbelanja beberapa produk UMKM. Khususnya hasil kreativitas penggiat desa wisata di Kabupaten Kediri.

Pada agenda yang berlangsung di area Pamuksan Sri Aji Joyoboyo, Desa Menang, Kecamatan Pagu tersebut, tampak sebanyak 11 desa wisata ikut ambil bagian. Padahal acara ini merupakan event yang baru digelar di kawasan ini.

"Alhamdulillah, antusiasme masyarakat dan pelaku UMKM ini sangat besar dalam pekan raya perdana ini. Bahkan ada 11 Desa Wisata yang ikut pameran," katanya.

Maka pada momentum inilah legenda Entit diangkat sebagai tema dilaksanakannya pekan raya ini. Diyakini oleh Haryanti, pameran ini diharapkan dapat menguatkan jati diri dan karakter Kabupaten Kediri yang terus mengembangkan diri. Selain itu, juga senantiasa mandiri dan sejahtera.

"Bahkan sekaligus dapat memberikan manfaat pada lingkungan sekitar, sebagaimana dalam pesan moral kisah Entit," katanya.

Perlu diketahui, pada kegiatan ini tampak dari setiap pengunjung dan panitia mengenakan pakaian unik serta menarik. Ada pula yang menggunakan baju ala petani selama kegiatan berlangsung. Bahkan pihak panitia juga terlihat memberikan hadiah undian, bagi mereka yang berbelanja dan mengenakan baju petani selama di area pameran. (AYU CITRA SR/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar