Kisah Sunarti, Warga Kurang Mampu dan Penderita Diabetes

[caption id="attachment_2031" align="aligncenter" width="800"]Tim Mobile Home Care Sunarti saat diperiksa Tim Mobile Home Care dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kediri mengunjungi sejumlah pasien kurang mampu di Kota Kediri. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Kesehatan adalah harta paling indah di dunia. Dengan memiliki jiwa dan raga yang sehat, maka setiap insan dapat melakukan aktivitas keseharian secara normal.

Namun, tak begitu dengan yang dialami, Sunarti. Perempuan berusia 55 tahun ini harus rela berbaring tak berdaya di tempat tidur lantaran penyakit diabetes yang ia derita selama ini.

Akan tetapi, kini penderitaan Sunarti mulai tidak terlalu berat. Lantaran, Tim Mobile Home Care dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kediri mengunjungi sejumlah pasien kurang mampu di Kota Kediri. Salah satunya, ke rumah Sunarti yang berlokasi di Kelurahan Kampung Dalem, Kota Kediri.

"Alhamdulillah, saya sangat senang ada yang peduli dengan penderitaan saya ini. Sungguh tidak nyaman rasanya, kalau punya penyakit diabetes seperti ini," ungkap Sunarti, di Kelurahan Kampung Dalem, Kota Kediri, Kamis (19/4/2018).

Pada kesempatan ini, perempuan berkulit sawo matang tersebut memperoleh pengobatan gratis dari Tim Mobile Homecare RSUD Gambiran Kediri. Selain itu, juga disalurkan bantuan berupa sembako dan alat bantu jalan (walker).

"Semoga dengan alat bantu ini, saya bisa berjalan kembali dan beraktivitas normal," katanya.

Di lokasi ini, terlihat Tim Mobile Home Care tampak bersemangat memberikan bantuan secara gratis kepada pasien kurang mampu. Mereka terdiri dari dokter, fisioterapis, perawat, psikolog, dan apoteker. Bahkan ada ahli gizi, penyuluh kesehatan masyarakat, rehab medik, laboratorium dan poliatif yang memberikan pengobatan dengan mendatangi ke rumah pasien.

Menanggapi hal ini, Ketua Koordinator Tim Mobile Home Care RSUD Gambiran Kediri, Kristika menambahkan, upaya ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama warga kurang mampu. Khususnya masyarakat kurang mampu baik secara fisik maupun secara sosial ekonomi.

"Home Care ini merupakan mobil jemputan gratis untuk warga Kota Kediri yang sedang sakit. Bahkan tidak dipungut biaya sama sekali," katanya.

Misalnya saja, lanjut dia, baik saat menjemput pasien untuk kontrol hingga mengantar kembali untuk pulang. Selain itu tim tersebut juga akan mengupayakan alat bantu untuk pasien.

"Seperti kursi roda, walker, tongkat dan sebagainya sehingga penderitaan pasien dapat semakin berkurang," katanya.(AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar