KIM Gresik Dilatih Menulis Jurnalistik

[caption id="attachment_1955" align="aligncenter" width="800"]pelatihan jurnalistik media online Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gresik melatih KIM di Gresik dengan pelatihan jurnalistik media online. FOTO:SUREPLUS/SAHLUL FAHMI[/caption]

GRESIK-SUREPLUS: Guna meningkatkan kompetensi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Gresik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gresik melatih kelompok masyarakat tersebut dengan pelatihan jurnalistik media online.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 50 orang yang dilaksanakan di Ruang Graita Eka Praja kantor Bupati Gresik, Selasa (17/4/2018).

Peserta adalah KIM yang berasal dari perkumpulan Hijabers Gresik, Kelompok Teknik D Project, KIM Harapan Kita, serta beberapa KIM lainnya.

Ada dua sesi latihan yang diberikan pada pelatihan jurnalistik untuk media online kali ini. Mereka selain diajari menulis berita juga diajari fotografi.

Tak tanggung-tanggung, Dinas Kominfo Kabupaten Gresik menghadirkan wartawan senior, Anam Mashudi dari Media Indonesia untuk memberikan materi menulis jurnalistik. Dalam materinya, Anam Mashudi menjelaskan Potret itu bernama berita sebuah outline. Dia juga menjelaskan tentang 5W + 1H.

Sedangkan dalam melatih fotografi, Diskominfo Gresik menghadirkan Yudhi Dwi Anggoro yang setiap hari karyanya menghiasi beberapa media cetak dan media online. Yudhi Dwi Anggoro juga sering memenangkan dalam berbagai event lomba foto baik tingkat regional maupun Nasional.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gresik Budi Raharjo kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono mengatakan, diberikannya pelatihan jurnalisme untuk media online agar mereka nantinya bisa aktif menulis berita untuk mengisi media online yang ada.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera dan lebih maju” katanya.

Budi juga menginformasikan, bahwa sebentar lagi ada Lomba cerdik cermat komunikatif (LCCK) tingkat propinsi. Pesertanya adalah para anggota KIM dari seluruh Kabupaten kota.

“Mereka diwajibkan menulis dan mengunggah tiga berita pada media online milik KIM Provinsi Jawa Timur. Pelatihan ini sekaligus membekali mereka” katanya.(PRS/SAHLUL/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar