Kec Sangkapura Bawean Raih Juara II Piala Gubernur Jatim

[caption id="attachment_2416" align="aligncenter" width="800"]Sangkapura Bawean Camat Sangkapura Bawean, Abdul Adhim berpose bersama Gubernur Jatim Soekarwo dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto usai menerima piala dan piagam, Jumat (27/04/2018). FOTO: SUREPLUS/SAHLUL FAHMI[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Senyum kebanggaan terkembang di wajah Abdul Adhim, ketika Kecamatan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik disebut meraih juara II lomba Sinergitas Pemerintahan tingkat Propinsi Jawa Timur tahun 2017.

Abdul Adhim yang didampingi Bupati Gresik Dr Sambari Halim Radianto menerima piala dan piagam dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo saat upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jumat (27/04/2018) di Halaman Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya.

Sebelumnya Camat Sangkapura juga telah dinobatkan sebagai Juara I dalam lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan se-Kabupaten Gresik tahun 2017. Lalu apa saja yang sudah dilakukan oleh Abdul Adhim (57), yang menjabat sebagai Camat Sangkapura tersebut? Dia mengatakan, hanya melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Gresik.

“Prestasi yang kami raih ini tak lepas dari pembinaan yang terus menerus dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Saya hanya melaksanakan perintah Bupati dan Wakil Bupati sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku,” ungkap Abdul Adhim.

Namun apa yang menyebabkan kepemimpinan Abdul Adhim ini sukses, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Suyono mengatakan, di bawah kepemimpinan Abdul Adhim. kecamatan yang berada di kepulauan Bawean ini maju pesat dibanding kecamatan lainnya di wilayah Gresik.

“Dengan segala keterbatasan karena terletak pada jarak 80 mil dari wilayah daratan Gresik, namun Kecamatan Sangkapura di Pulau Bawean sudah melaksanakan pelayanan masyarakat satu pintu. Sistim Keuangan Desa (Siskeudes) sudah tersambung online ke kecamatan. Selain itu, banyak sekali terobosan yang dibuat,” papar Suyono.

Sesuai informasi Kepala Bagian Pemerintahan Yusuf Ansori kepada Humas, di bidang sosial kemasyarakatan Abdul Adhim banyak melakukan terobosan. Dia sering blusukan ke rumah-rumah warga miskin. Dari blusukan tersebut, dia tahu persis keluhan warga dan peta masyarakat Gakin di wilayahnya.

“Bahkan dia sering mengirim warga Gakin yang sakit ke rumah sakit dengan biaya yang dia kumpulkan dari warga Bawean yang mampu. Bahkan pernah mengumpulkan Rp 50 juta dari warga di luar Bawean untuk biaya operasi salah seorang pasien Gakin,” kata Suyono.

Dibidang pariwisata dan lingkungan, Abdul Adhim terbilang sebagai pelopor. Dia sukses mengembangkan mangrove seluas 63 hektar di Desa Daun Sangkapura. Perlindungan terumbu karang dan pengembangan pulau Noko.

Serta yang terbaru, Abdul Adhim sukses merenovasi pemandian peninggalan Belanda di desa Kebuntelukdalam yang mangkrak, menjadi pemandian yang layak dikunjungi wisatawan saat ini.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyatakan bangga atas prestasi yang diraih Camat Sangkapura tersebut. “Saya bangga karena Kecamatan Sangkapura berhasil menyisihkan ratusan kecamatan di Jawa Timur. Ini prestasi yang luar biasa mengingat bisa menjadi runner-up di antara 664 kecamatan se-Jawa Timur." katanya. (SAHLUL FAHMI/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar