Jadikan Jamu Minuman Sehat Lintas Generasi

[caption id="attachment_2215" align="aligncenter" width="800"]Stephen Walla Stephen Walla, sosok di balik sukses Jamu Iboe. Bagi Stephen, jamu merupakan minuman budaya yang menyehatkan dan harus dikembangkan lintas generasi. FOTO: SUREPLUS/R SURYADI[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Stephen Walla merupakan sosok di balik kesuksesan yang ditoreh oleh Jamu Iboe. Pria yang tercatat sebagai generasi keempat, terhitung sejak Jamu Iboe didirikan sejak 1910 ini, terbilang sukses mengubah pandangan masyarakat.

Jika sebelumnya kesan yang muncul jamu itu pahit dan rasanya tidak enak, maka oleh Stephen pandangan itu diubah. Jamu itu berkhasiat menjaga kesehatan. Bagi Stephen, jamu merupakan minuman budaya yang harus dikembangkan.

Hal inilah yang membuat ia semakin terpacu untuk terus berinovasi, meregenerasi produk dan memperluas pasar konsumen jamu. Berkat upayanya, Stephen berhasil memunculkan animo masyarakat yang cukup baik. Terlebih kini remaja hingga anak-anak pun rela antre untuk meneguk segelas racikan jamu yang ia kelola.

“Banyak sekali anak-anak muda yang suka, kalau dilihat dari Iboe Herbal Bar. Bahkan yang antre banyak juga yang anak-anak,” kata Stephen Walla pada Sureplus.id, Sabtu (21/04/2018) sore.

Dalam memasarkan produknya, Stephen juga menemui berbagai kendala. Namun hal ini tak menggerus sedikit pun tekadnya untuk mengkampanyekan jamu ke masyarakat. Baginya, ini adalah suatu tantangan yang harus ia taklukan.

“Kita harus mengikuti era. Di dunia bisnis dan kesehatan tak bisa mengikuti cara-cara klasik. Kita harus peka dan jeli melihat permintaan dan kebutuhan masyarakat,” ucap ayah tiga orang anak ini.

Hal lain yang membuat Stephen gusar adalah persepsi masyarakat yang gemar dengan hasil olahan yang serba instan. Menurutnya, jamu tak seperti itu. Karena jamu nenyembuhkan secara bertahap dan perlahan serta memiliki karakter preventif, sehingga baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

“Jamu lebih menyehatkan karena terbuat dari bahan baku tanaman obat herbal alami, tidak bisa dianggap ini sebagai minuman instan,” kata pria yang hobi main tenis ini.

Kini Stephen terus berupaya untuk mengembangkan usaha warisan turun-temurun itu. “Saya berencana untuk memasarkan bukan hanya di retail saja, namun juga di hotel, restoran, cafe serta kawasan perkantoran. Untuk konsep Iboe Herbal Bar akan saya kembangkan untuk franchise,” tutupnya. (R SURYADI/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar