Inovatif, Melukis dengan Laser CNC di Papan Akrilik

[caption id="attachment_2425" align="aligncenter" width="800"]Glowing In Technology Mengusung tema Glowing In Technology, sebanyak 12 mahasiswa Prodi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) membuat lukisan dari sinar Laser CNC di papan akrilik. FOTO: SUREPLUS/ANDYAN[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Era digital saat ini berkembang dengan pesat, hingga membuat kreativitas dan teknologi mempunyai sinergi yang baik. Hal itulah yang mendasari 12 mahasiswa prodi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) membuat sebuah karya seni berjudul Glowing In Technology.

Menurut Mattew, salah seorang anggota tim mengatakan, karya seni ini terbuat dari papan akrilik yang dipadukan dengan tekhnologi manufaktur terkini yakni Laser CNC. Dalam proses pembuatan karya seni Glowing In Technology ini, ia menganggap tidak terlalu sulit. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit hingga 1,5 jam untuk sekali pengerjaan.

"Dari papan akrilik yang transparan tersebut kita ukir dengan mesin laser CNC, namun gambar yang kita pakai harus melewati proses editing dulu,” kata Mattew kepada Sureplus.id, Jumat (27/04/2018).

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiwa Teknik Industri dalam menggunakan teknologi terkini di dunia manufaktur. Selain itu, jika diperhatikan semua gambar yang tersaji dalam akrilik tersebut ialah bangunan ikon Kota Surabaya, seperti Jembatan Suramadu, Pintu Air Jagir dan Gedung Grahadi.

Mattew bersama dengan 11 mahasiswa lainnya memilih bangunan-bangunan tersebut untuk mengenalkan aspek-aspek peninggalan Kota Surabaya dan juga menyambut Ulang Tahun Kota Surabaya. "Kita memilih bangunan tersebut karena menyambut Hari Jadi Kota Surabaya, selain itu juga nilai seni dari bangunan tersebut yang menjadi landasan kita,” paparnya.

Dalam mempersiapkan karya seni ini, Mattew menjelaskan bahwa butuh satu bulan untuk menyiapkan konsep hingga eksekusi foto. Selain itu, papan akrilik ini menurut Mattew sangat cocok digunakan untuk hiasan dinding rumah. Juga memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus.

"Lukisan akrilik ini saya jarang temui di luar. Lukisan ini mempunyai nilai seni yang tinggi jadi cocok untuk dekorasi maupun kado, " lanjutnya.

Laser cutting merupakan teknologi menggunakan laser untuk memotong bahan, dan biasanya digunakan untuk aplikasi industri manufaktur. Tapi juga mulai digunakan oleh sekolah, usaha kecil dan penggemar. Laser bekerja dengan mengarahkan output dari laser daya tinggi oleh komputer, pada material yang akan dipotong.

Materi akan mencair, terbakar, menguap, atau terhembus oleh jet gas, menghasilkan tepi dengan finishing permukaan berkualitas tinggi. Laser cutting bisa diterapkan pada berbagai macam bahan, seperti metal, akrilik, kayu, kulit dan juga kertas. (ANDYAN/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar