IKM Kota Kediri Dibekali Trik Kembangkan Bisnis

[caption id="attachment_1866" align="aligncenter" width="800"]pelatihan pengembangan usaha Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri memberikan pelatihan pengembangan usaha, di Kota Kediri. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Untuk meningkatkan kreativitas pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri memberikan pelatihan pengembangan usaha, di Kota Kediri. Tujuannya, guna membekali para wirausaha tersebut cara berbisnis yang sehat dan inovatif.

"Kami mengundang pelaku IKM di sejumlah kelurahan, agar mereka memiliki bekal yang mumpuni dalam berbisnis," kata Yetty Sisworini, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, di Kediri, Jumat (13/4/2018).

Yetty menjelaskan, dalam pelatihan tersebut pemda setempat bekerja sama dengan para mentor dari Balai Latihan Kerja (BLK) Elvita Kota Kediri. Selama mengikuti pelatihan, para pelaku IKM ini diajarkan bagaimana cara mengolah makanan dan minuman yang digemari konsumen.

"Untuk materi pelatihan, hal ini disesuaikan dengan kemampuan pelaku IKM. Bahkan, supaya mereka mudah menyerap dan mengaplikasikan apa yang diberikan oleh mentor saat di rumah," katanya.

Salah satu mentor BLK Elvita, Mohtar mengaku, telah memberikan pelatihan berbagai resep makanan dan minuman. Seperti membuat olahan jus buah, hingga membuat aneka makanan dan camilan yang bisa dijual ke konsumen.

"Berbagai bahan makanan minuman ini, kami pastikan mudah ditemui di pasaran. Dengan begitu, pelaku IKM dapat mengolahnya di rumah masing-masing," katanya.

Di lokasi yang sama, Sri Wahyuningtyas, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Kediri, mengimbau, peserta pelatihan agar saat mengolah makanan minuman tidak menggunakan bahan berbahaya. Misalnya saja berupa boraks dan formalin.

"Jangan sekali-kali, bahan berbahaya ini dicampurkan ke makanan maupun minuman yang bapak ibu jual. Ini bisa membahayakan konsumen dan merugikan jualan panjenengan ke depan," katanya.

Idealnya, lanjut dia, para pelaku IKM terutama di sektor kuliner agar memakai pengawet maupun bahan pewarna alami. Dengan demikian, aneka panganan dan minuman yang dinikmati pelanggan akan terjamin keamanan dan kualitasnya.(AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar