Dulu Waiter Kapal Pesiar, Kini Pengusaha Cafe

[caption id="attachment_1719" align="aligncenter" width="800"]Wargo Harijanto Wargo Harijanto, sosok ulet yang kini menjadi pengusaha cafe di Sidoarjo dan Semarang. Awalnya dulu ia waiter di sebuah kapal pesiar di AS. FOTO: SUREPLUS/R SURYADI[/caption]

SIDOARJO-SUREPLUS: Gayanya terlihat simpel, dengan setelan baju abu-abu dan celana jeans pendek, serta sepatu sneaker di kedua kakinya. Tutur katanya terdengar ramah, di setiap kalimat yang ia utarakan.

“Secara prinsip saya tidak ingin menjadi yang terbaik. Tapi saya ingin menjadi yang pertama,” kata Wargo Harijanto mengutip slogan hidupnya. Ya, Wargo tergolong sosok ulet yang kini menjadi pengusaha cafe.

Di sela-sela kesibukannya memberi arahan kepada karyawan dan melayani pelanggan, Sureplus.id mendatangi lokasi cafenya di kawasan Raya Ponti Magersari, Sidoarjo, Selasa (10/04/2018) sore.

Dengan ramah dan senang hati Wargo menceritakan pengalaman hidupnya hingga merintis usaha cafe. Sebelum terjun ke dunia bisnis, pria 50 tahun ini, pertama kali bekerja sebagai waiter di sebuah kapal pesiar Amerika Serikat. Sepulangnya ke Indonesia, ia pun bekerja di perusahaan perkayuan sebagai General Manager (GM), HRD juga staff teknis sebuah perusahaan developer.

Lalu bagaimana awalnya ia tertarik untuk terjun jadi pengusaha cafe? Wargo bercerita, ia tertarik pada salah satu bar di kawasan Alaska, Amerika. Menurutnya bar tersebut sangat unik dan cantik interiornya.

“Waktu itu saya kerja di Amerika sebagai waiter kapal pesiar. Dulu saya pernah lihat semacam bar pizza yang cantik di kawasan Alaska. Ya dari situ, sekitar tahun 1990-an saya mempunyai ide dan terealisasi pada 2011 lalu,” kata bapak tiga anak ini.

Kini ia bermetamorfosa sebagai pebisnis dan sukses memiliki tiga outlet cafe. Masing-masing lokasi outlet tersebut, satu di Semarang dan dua di Sidoarjo.

Ia juga berharap usahanya ini dapat berkembang ke seluruh nusantara dengan mendirikan cafe di Bali, Medan dan Papua.

“Saya bersama Istri itu hobi jalan-jalan. Selagi kita bepergian, kita juga punya keinginan untuk mendirikan cafe di tempat-tempat yang pernah kita kunjungi. Kalau kata pepatah, menyelam sambil minum air,” katanya. (R SURYADI/AZT)

Editor: Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar