China Percepat Pengembangan Pasar Chip Domestiknya

[caption id="attachment_2503" align="aligncenter" width="800"]Dana Investasi Sirkuit Terpadu Nasional Ilustrasi. Gizmochina[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: China melembagakan dana investasi nasional untuk industri sirkuit terpadu pada Januari 2014 untuk mendorong pengembangan industri sirkuit terpadu di negara itu. Dana yang dikenal sebagai Dana Investasi Sirkuit Terpadu Nasional atau Dana Besar dikelola oleh China Development Bank (CDB).

Sejak itu, lembaga tersebut telah memutuskan berinvestasi dalam beberapa proyek yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan teknologi chip lokal. Sejauh ini sebanyak 50 perusahaan di industri chip di China mendapatkan manfaat dari dana ini, termasuk Semiconductor Manufacturing International Corp dan Yangtze Memory Technologies yang terdaftar di Hong Kong, pembuat chip flash NAND 3D chip.

Seperti dikutip Dari Gizmochina, ada indikasi CDB saat ini mendekati investor asing yang memiliki dana segar senilai 19 miliar dolar AS dalam upaya untuk mempercepat pengembangan pasar chip domestiknya. Seperti diketahui, baru-baru ini terjadi ketegangan antara ZTE dengan pemerintah AS menyusul sanksi tujuh tahun tidak mendapatkan suplai komponen dari pemasok besar AS.

Larangan ZTE dikabarkan menyebabkan ketergantungan berat Tiongkok pada chip impor. Kementerian Perindustrian China pekan lalu mengungkapkan bahwa dana tersebut meningkatkan putaran investasi kedua dan menyambut baik lembaga asing untuk mengambil bagian, tanpa memberikan rincian.

Dana baru dilaporkan akan fokus pada tiga bidang: chip memori, desain sirkuit terpadu dan semikonduktor senyawa seperti silikon karbida dan galium nitrida. Pembentukan industri semikonduktor lokal did China yang besar kemungkinan akan merugikan raksasa chip AS seperti Qualcomm.(GCC/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar