Cegah Kanker dengan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini

[caption id="attachment_2157" align="aligncenter" width="800"]Kartini zaman now Ratusan Kartini zaman now di Kota Kediri antusias mengikuti Seminar Gaya Hidup Sehat tentang Antisipasi Kanker Serviks dan Payudara, di Hotel Lotus Garden Kota Kediri, Sabtu (21/04/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Ratusan Kartini zaman now di Kota Kediri tampak antusias mengikuti Seminar Gaya Hidup Sehat tentang Antisipasi Kanker Serviks dan Payudara, di Hotel Lotus Garden Kota Kediri, Sabtu (21/04/2018).

"Seminar ini kami gelar tepat pada Hari Kartini yang diperingati tiap 21 April. Untuk itu, semua pesertanya adalah kaum perempuan dan mereka mengenakan kebaya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Fauzan Adima, saat menghadiri seminar bertema Tolak Kanker, Ayo Cegah Kanker dengan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini, di Hotel Lotus Garden, Kota Kediri.

Secara umum, ungkap ia, perhelatan ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kanker dan gaya hidup sehat. Pada agenda yang diadakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri tersebut, secara rinci ada 320 peserta. "Mereka berasal dari pelajar, mahasiswa, sampai dengan tenaga kesehatan yang semuanya kaum hawa," ujarnya.

Selain untuk memperingati Hari Kartini, acara ini juga diselenggarakan guna memperingati Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari lalu. "Hal ini juga dilatarbelakangi meningkatnya jumlah kematian yang disebabkan penyakit tak menular seperti jantung, gagal ginjal, termasuk juga kanker," katanya.

Dengan demikian, tambah dia, acara ini penting dilakukan guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Khususnya tentang cara pencegahan penyakit kanker salah satunya dengan pola hidup sehat. "Kanker serviks dan payudara salah satu penyakit kanker yang banyak ditakuti wanita. Namun hal itu sebenarnya bisa diantisipasi dengan mengenali gejalanya, penyebab, dan cara pencegahannya," katanya.

Pada seminar ini, juga diberikan bingkisan untuk para survivor kanker agar lebih semangat menjalani pengobatan. Ada juga pemeriksaan gratis untuk para peserta seminar meliputi cek kadar gula, dan cek kadar kolesterol. Acara semakin meriah dengan adanya pembagian doorprize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan panitia.

Di lokasi ini, juga tampak hadir dr. Donny Irawan, Sp.OG, M.Kes dan Dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD, Pall Med (ECU) dari RSUD dr.Soetomo, Surabaya selaku narasumber, serta perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan PKK. (AYU CITRA SR/AZT)

Editor; Aziz Tri P

Posting Komentar

0 Komentar