Bupati Dukung Kejurnas Selam di Situbondo

[caption id="attachment_2456" align="aligncenter" width="800"]Kejurda Selam Laut digelar Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (kiri) didampingi Ketua Umum Possi Jatim Mirza Muttaqien (kanan) saat melepas Kejurda Selam Open Water Fin Swimming di Pantai Pasir Putih Situbondo. FOTO: SUREPLUS/FAHRIZAL ARNAZ[/caption]

SITUBONDO-SUREPLUS: Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH memberikan dukungan penuh jika Kejurnas maupun Kejurda Selam Laut digelar di Pantai Pasir Putih karena memliki sarana dan prasarana yang sangat lengkap.

"Saya sangat mendukung kalau Kejurnas digelar di Pantai Pasir Putih, selain sarana dan prasarana lengkap, aksesnya juga sangat mudah karena berda di pinggir jalan," kata Dadang saat membuka Kejurda Open Water Finswimming Piala Bupati Situbondo di Pantai Pasir Putih 27-29 April, Sabtu (28/4).

Sebenarnya Pantai Pasir Putih sudah layak untuk digelar Kejurnas karena sudah pernah dipergunakan untuk PON XV tahun 2000. Kemudian fasiltas lainnya seperti hotel layak untuk mennginap peserta.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, saat ini Situbondo tengah mengembangkan sektor pariwisata terutama Pantai Pasir Putih yang jadi icon andalah wisata di Situbondo. Bahkan saat ini pemkab juga mengembangkan konservasi terumbu karang di sebelah barat Pasir Putih. "Kami juga ingin mengembangkan wisata selam," katanya.

Agar tujuan itu bisa tercapai, Pemkab Situbondo menggandeng Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim untuk membangun diving center di Pasir Putih. "Agar para peselam pemula bisa belajar selam dan kami juga ingin muncul atlet selam potensial dari Situbondo," katanya.

Ditemui ditempat yang sama Ketua Umum POSSI Jatim Mirza Muttaqien cukup terkejut karena jumlah pesera Kejurda selam meningkat tajam. "Untuk Kejurda selam laut tahun ini diikuti 226 atlet dan ini merupakan jumlah peserta paling banyak jika dibandkan tahun sebelumnya. Selain itu tuan rumah juga mengirimkan 13 atlet," katanya.

Saat disinggung mengenai Kejurnas selam laut di Jatim, Mirza menjelaskan setelah PON tahun 2000, Jatim belum pernah menjadi tuan rumah Kejurnas selam laut. Padahal Pantai Pasir Putih sangat layak untuk lomba selam tingkat nasional. "Pasir Putih sudah teruji di PON XV," katanya.

[caption id="attachment_2457" align="aligncenter" width="800"] Bupati Situbondo Dadang Wigiarto didampingi Ketua Umum Possi Jatim Mirza Muttaqien saat mengalungkan medali Kejurda Selam Open Water Fin Swimming di Pantai Pasir Putih Situbondo. FOTO: SUREPLUS/FAHRIZAL ARNAZ[/caption]

Ia juga mengatakan nantinya Kejurda selam grand prix juga akan dibelar di Situbondo. "Nanti ada tiga kali kejurda grand prix yang digelar di Pasir Putih," tuturnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyambut baik rencana Pemkab Situbondo membangun diving center karena selain menunjang wisata selam juga bisa dijadikan ajang pembibitan atlet muda. "Saya berharap muncul peselam berbbakat dari Situbondo yang bisa membela Jatim di even nasional maupun internasional," katanya

Sementara itu di nomor 6.000 meter KU Terbuka Putra medali emas berhasil direbut oleh Rodrick Luhur asal Surabaya dengan catatan waktu 1 jam 15 menit 46.81 detik. Sedangkan medali perak Kurniawan Ferdiansyah (Kota Batu 01:16:18.27). Perunggu Radar Wijaya (Sidoarjo 01:16.32.65).

Sedangkan di kelompok putri medali emas diraih Monica Kinanti (Surabaya 01:21:11.54). Medali perak Nafa Amandea (Kota Batu 01:23:11.94) dan medali perunggu Starifah N (Surabaya 01:23:25.44).(ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz

Posting Komentar

0 Komentar