Manfaatkan Santan, Dwi Racik Es Krim Menarik

Ice Cup UKM Sendok Kayu
Owner Ice Cup UKM Sendok Kayu, Dwi Nur Anggraini berkreasi membuat es krim dari santan sejak tahun 2015. Peminatnya kini bukan hanya di Jatim, tapi sudah melebar hingga Bali. FOTO: SUREPLUS/ANDYAN

SURABAYA-SUREPLUS: Santan yang selama ini biasanya hanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar meracik berbagai masakan, namun lewat ide kreatif Dwi Bayu Anggraini, santan mampu disulap menjadi sajian produk es krim yang lezat. Ia namakan Ice Cup UKM Sendok Kayu.

Owner Ice Cup UKM Sendok Kayu, Dwi Nur Anggraini mengatakan, awal mula tercetus membuat es krim dari santan ini karena melihat kegemaran buah hatinya terhadap es krim. Ia pun mulai berkreasi membuat es krim dari santan sejak tahun 2015.

“Awalnya ketika anak saya suka beli es krim. Tapi kadang kok tidak cocok. Bahkan ada yang bikin sakit tenggorokan. Nah, akhirnya saya coba buat es krim ini,” kata Dwi kepada Sureplus.id, Senin (09/04/2018).

Ia juga menambahkan, membuat es krim dari bahan santan tidak terlalu sulit. Selain santan sebagai bahan dasar, es krim ini juga terbuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya sehingga aman untuk kesehatan. Dalam sehari ia mampu memproduksi hingga 100 cup es krim.

Berbagai jenis rasa menarik tersedia dalam es krim yang diproduksi secara home made ini, seperti Green tea, strawberry, dawet, ketan ireng, piscok (pisang coklat), cabai, wedang uwuh, durian, coklat, kopi. Lanjutnya, untuk best seller ada di rasa durian dan strawberry.

Harga yang dipatok untuk produk es krim ini bervariasi, tergantung ukuran. Es krim produksinya terbagi dalam tiga ukuran. Saat ini produk es krim buatan ibu tiga anak ini tak hanya memenuhi permintaan wilayah Jawa timur, namun sudah mencakup hingga Pulau Bali.

Omset yang didapat selama menjalankan usaha ini, menurut Dwi hingga kini sudah mampu meraup omset hingga Rp 20 juta per bulan. Untuk penjualan ia memanfaatkan sarana online dan offline. (ANDYAN/AZT)

Editor: Aziz Tri P