Kisah Eli Yulianti, Asyiknya Bermain Bersama Ulat Bulu

pemelihara ulat bulu
Eli Yulianti, pemelihara ulat bulu, asal Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Melihat atau memegang ulat bulu, bagi sebagian masyarakat di Indonesia kerapkali menjadi hal yang membuat merinding atau jijik. Terlebih, bulu dari kebanyakan ulat bisa mengakibatkan gatal di kulit.

Namun, tidak demikian bagi Eli Yulianti, pemelihara ulat bulu, asal Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Dia justru sangat menyayangi berbagai jenis hewan tersebut dan memeliharanya di rumah.

Tak jarang, saat melakukan rekreasi ke suatu objek wisata, dia juga mengajak ulatnya jalan-jalan. Bahkan, dengan menaruh hewan menggelikan ini di wajah dan tangannya.

“Ada trik khusus menjinakkan ulat bulu. Jadi bisa diajak bermain,” kata Eli Yulianti, penyuka ulat bulu, asal Kabupaten Kediri, Sabtu (7/4/2018).

Pada kesempatan ini, anak perempuan dari pasangan Jito dan Sri Purwanti ini juga membagikan tips bermain dengan ulat bulu. Awalnya, perlu lebih dulu mengetahui apakah ulat bulu itu membuat gatal atau tidak.

Jika setelah dipegang, ternyata tidak membuat gatal di tangan, maka biasanya Eli baru bermain bersama ulat bulu tersebut. Berikutnya, kalau merasa gatal, maka si penggemar ulat ini cukup mengusapkan bagian tubuhnya ke rambut dan langsung hilang.

Kemudian, hewan ini dimasukkan dalam wadah khusus berbentuk kotak. Keberadaan wadah ini memang sengaja digunakan sebagai tempat memelihara ulat bulu koleksinya.

“Dengan demikian, kapan pun dan di mana pun saya berada, maka bisa sekalian bermain sama ulat bulu. Kadang kalau saya pergi ke suatu tempat, ulat ini juga dibawa,” katanya.

Perempuan cantik berhijab ini mengaku, kegemarannya memegang ulat bulu dimulai sejak berusia 2 tahun. Dari kebiasaan itulah, sampai sekarang dia sering didapuk teman kuliahnya untuk menjauhkan ulat maupun hewan berbahaya lain.

Terlebih lagi, akibat hobi uniknya tersebut hingga kini mulai banyak video Eli Yulianti bermain ulat bulu yang viral di dunia maya.

“Selain gemar main dengan ulat bulu, saya kadang juga bermain dengan kalajengking. Meski terlihat ekstrem, saya yakin selama niat kita baik, semua hewan bisa baik pula,” katanya.(Ayu Citra SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz