Ada Ratusan Motif Batik di Rumah Batik Jawa Timur

Rumah Batik Jawa Timur
Syarif Usman memperlihatkan salah satu koleksi batik yang ada di Rumah Batik Jawa Timur. FOTO: SUREPLUS.ID/ANDYAN

SURABAYA-SUREPLUS: Ratusan kain batik dengan berbagai motif dipajang berjajar rapi di sepanjang dinding rumah yang terletak di Jalan Dukuh Bulak Banteng Timur No 94, Surabaya. Ya, itulah Rumah Batik Jawa Timur yang dikelola oleh Syarif Usman sejak tahun 2004.

Pria yang akrab disapa Usman ini mengatakan, bahwa didirikannya Rumah Batik Jawa Timur dengan tujuan menyatukan produk-produk batik dari berbagai daerah.

“Karena saat itu, beberapa produsen batik masih banyak yang berjalan sendiri-sendiri,” ujarnya kepada Sureplus.id. Ia menambahkan bahwa usaha ini merupakan generasi kedua setelah Faiqoh Ismail, yang tak lain orang tua Usman.

Saat ini ada ratusan macam motif batik dari berbagai daerah tersedia lengkap di Rumah Batik Jawa Timur. Mulai Tulungagung, Sampang, Banyuwangi, Lamongan, jember, Malang, Pacitan, dan juga dari Kediri ada di Rumah Batik tersebut. Untuk harga yang dipatok setiap kain batik bervariasi, tergantung motif dan tehnik pembuatannya.

“Untuk harga kita patok dengan harga terjangkau untuk tipe batik cap,” ujarnya.

Rumah Batik Jawa Timur selain melayani pembeli juga melayani pelatihan dalam waktu tertentu. Usman juga menambahkan, bahwa saat ini telah menjalin kerja sama dengan beberapa mitra perajin batik guna mempertahankan budaya batik.

Kini, Rumah Batik Jawa Timur telah memenuhi permintaan pasar lokal Jawa Timur hingga Luar Pulau. Selain itu, Rumah Batik Jawa Timur juga telah ekspor ke beberapa negara.

“Kita saat ini telah ekspor ke beberapa negara seperti Singapura dan Myanmar” jelasnya.

Untuk segmen pembeli Rumah Batik Jawa Timur menyasar berbagai kalangan, mulai kalangan bawah, menengah, hingga atas. Karena setiap produk batik yang disediakan juga telah memiliki pasar tersendiri.(ANDYAN/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz