Obati Batuk Menahun, Kini Miliki Usaha Olahan Bunga Rosella

Bunga rosella
Di tangan Hadisatul Ahadiah, bunga rosella dapat dijadikan olahan produk herbal yang segar sekaligus berkhasiat bagi kesehatan. FOTO: SUREPLUS.ID/RAHMAD SURYADI

SURABAYA-SUREPLUS: Bunga rosella memang terkenal dengan kandungan khasiat yang baik bagi kesehatan. Antara lain kandungan yang terdapat pada bunga ini meliputi Vitamin C, Vitamin D, Vitamin B1 dan Vitamin B2. Tumbuhan yang memiliki nama latin  (Hisbiscus sabdariffa) ini, pada umumnya dijadikan sebagai tanaman hias di taman-taman maupun di ruang tamu rumah.

Namun berkat ide kreatif Hadisatul Ahadiah, bunga rosella dapat dijadikan olahan produk herbal yang segar sekaligus berkhasiat bagi kesehatan. Olahan tersebut diantaranya, teh, sirup, bubuk, selai teh celup rosella.

Produk Hadisa ini ia beri nama Aqisa dengan mengandung makna gabungan dari ketiga nama keluarganya, yakni Arifin(Suami) Aqila (anak) dan Hadisa.

Aqisa termasuk UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) binaan Komunitas Pahlawan Ekonomi, yang dinaungi langsung oleh Pemerintah Kota Surabaya. Usaha ini berdiri sekitar tahun 2014 silam.

Hadisa menceritakan bagaimana awal mula ia mendirikan dan mengembangkan usaha kreatifnya ini. Ketika itu sang anak mempunyai riwayat sakit batuk yang menahun, ia berusaha membawa si buah hati kemana-mana guna mendapatkan bantuan medis. Namun hasilnya nihil dan tak ada perubahan.

“Dulu itu anak saya sakit batuk tidak sembuh, sudah saya bawa kemana-mana, tapi tetap saja tidak ada hasil. Lalu tetangga ada yang menyarankan untuk mengonsumsi bunga rosella. Setelah beberapa bulan anak saya mengonsumsi bunga rosella kok ada perubahan. Lalu saya langsung cek ke dokter, eh ternyata anak saya dinyatakan sembuh,” ceritanya dengan antusias.

Berawal dari itulah Hadisa mempunyai secercah ide untuk membuat usaha produk dengan bahan dasar bunga rosella dengan dipadupadankan rempah. Ia pun mencoba membuat beberapa resep ramuan teh rosella untuk sekedar diuji cobakan kepada keluarga dan tetangga dekatnya. “Alhamdulilah, ramuan resep saya enak kata mereka. Akhirnya saya memberanikan diri untuk menjual produk saya ke orang lain,” kata ibu satu anak ini.

Ikuti Pelatihan

Di Tahun 2015 ia mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselanggarakan oleh Komunitas Pahlawan Bisnis dan Dinas Kota Surabaya. Berbagai masukan dan tambahan ilmu pengetahuan soal dunia usaha membuat Hadisa semakin semangat untuk mengembangkan usahanya ini.

“Saya mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Pahlawan Bisnis. Namun yang paling saya ingat Bu Risma menyarankan saya agar fokus untuk menjalankan usahanya. Berkat saran dari Bu Risma akhirnya saya fokus untuk memakai rosella sebagai bahan dasarnya. Sebelumnya saya berubah-ubah,” ucap wanita asal Palembang ini.

Yang menjadi daya tarik produk Aqisa dibanding olahan rosella lainnya adalah terletak dari proses pengolahan yang dicampuri dengan rempah seperti kayu manis dan rempah-rempah lainnya. “Yang menjadi spesial dari produk saya itu, rosellanya saya kasih rempah dan saya tentunya berbeda dengan olahan rosella yang ada pada umumnya. Karena saya ingin tampil beda,” ujarnya.

Kini Aqisa sudah banyak menciptakan inovasi baru agar memberi kesan tak monoton dalam perkembangan bisnis dunia usahanya. Produk-produk baru tersebut antara lain, temu lawak, sari buah asam jawa, teh mint dengan dua varian yaitu creamer dan original, serta kacang pedas dan bebek, ayam rica-rica.

Aqisa sudah melalang buana di berbagai sentra-sentra UKM se-Surabaya mulai dari sentra MERR, Cito, ITC, dan Juanda. Selain di tempat tersebut Aqisa juga mengepakkan sayapnya di luar Kota Surabaya, antara lain, di Lapis Kukus Kutai dan toko oleh-oleh Amira, Sidoarjo.

Ia berharap produk olahannya ini dapat dikenal masyarakat seluruh Indonesia dan bukan hanya berkutat di walayah Kota Surabaya. “Ya saya Berharap Aqisa bisa go publik, bukan hanya di Surabaya saja, melainkan ke seluruh Indonesia,” tutupnya.(SURYA/RIZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz