Sambal Ikan Salem Tri Wulandari Diminati 5 Negara Asing

sambal ikan salem bawang
Tri Wulandari, pemilik usaha sambal ikan salem bawang asal Kota Kediri. FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Produk UMKM sambal ikan salem bawang asal Kota Kediri berhasil merambah pasar ekspor ke berbagai negara. Tehitung hingga bulan keempat tahun 2018 telah menembus 5 negara sekaligus.

“Kami sungguh tidak menyangka, bisa memasarkan produk aneka sambal ini hingga ke Bosnia, Sarajevo, dan dibawa umroh ke Mekkah,” kata Tri Wulandari, pemilik usaha sambal ikan salem bawang asal Kota Kediri, Kamis (5/4/2018).

Secara umum, menembus pasar ekspor bagi pelaku UMKM bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Namun berkat semangatnya yang gigih dan terus berjuang, Tri Wulandari, berhasil mengenalkan produknya hingga ke luar negeri.

Selain ketiga negara tersebut, perempuan berhijab ini mengaku, konsumen di Singapura dan Malaysia juga telah menikmati hasil olahan sambal ini. Mereka sangat menggemari produksi olahan sambal tersebut karena praktis dan perpaduan rasanya juga sesuai dengan selera mereka.

Perempuan yang akrab disapa Ummi Wulan ini menambahkan, dalam menembus pasar ekspor, pihaknya tak terlalu mengalami banyak kendala. Hal ini karena dia memiliki jaringan konsumen sangat luas. Khususnya melalui media sosial, berupa whatsapp, facebook, dan instagram.

“Tapi, kami sempat was-was saat mengirimkan sambal ini ke luar negeri,” katanya.

Kondisi ini, lanjut dia, karena produknya termasuk jenis yang tidak tahan lama. Dengan begitu, dia hanya bisa meminta konsumennya agar memakai lemari es supaya sambal buatan tangan Wulandari ini lebih awet.

“Oleh karenanya, dalam menarik minat konsumen, kami selalu berinovasi,” katanya.

Seperti halnya berusaha menambah varian baru sambal yang diproduksi. Misalnya sambal ikan peda pete dan sambal ikan salem bumbu sambal ijo.(Ayu Citra SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz