Waspadai Belanja Melalui Situs Online Asing

belanja online
Bea Cukai Kediri mengimbau, agar para penggemar belanja online selalu waspada saat bertransaksi. FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Perkembangan dunia digital yang serba canggih memberikan dampak positif dan negatif secara langsung bagi penggunanya.

“Seperti halnya yang terlihat dari seorang pembeli barang online asal Kota Kediri berinisial DR. Dari awal memesan barang, pria ini membeli kertas foto dan cairan tinta untuk penunjang bisnis fotografinya,” kata Adiek Marga, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Bea Cukai Kediri, saat mengungkap paket salah kirim asal Belanda yang diduga narkoba, di Kantor BNN Kota Kediri, Selasa (3/4/2018).

Namun, ungkap Adiek, sesampainya barang tersebut di Tanah Air maka petugas Bea Cukai setempat terpaksa menyita paket kiriman asal Belanda itu. Barang ini berupa kertas foto dan 2 botol cairan tinta.

“Setelah dilakukan tes oleh Bea Cukai Kediri menggunakan Narcotest, hasilnya positif amphetamine. Lalu hasil pemeriksaan laboratorium pada dua botol tersebut, pada botol A positif mengandung Acerid Acid dan botol B mengandung Pseudoephendrine,” katanya.

Dari kejadian inilah, pihaknya mengimbau, agar para penggemar belanja online selalu waspada saat bertransaksi. Terlebih lagi, ketika berhadapan dengan penjual dari luar negeri.

“Hal ini karena mereka bisa saja dengan sengaja mengirimkan barang haram seperti narkoba, demi melancarkan bisnis kotornya tersebut ke negara lain,” katanya.

Sementara itu, di lokasi yang serupa, Kepala BNN Kota Kediri, AKBP Bunawar SH, menambahkan, dari hasil penyidikannya dengan petugas terkait selama ini diketahui, bahwa warga Kediri berinisial DR ini tidak akan dikenakan sanksi pidana.

“Lantaran kasus ini berawal dari salah kirim paket. Si pembeli, yakni DR memesan kertas foto dan cairan tinta, tapi barang yang datang justru mengandung bahan pembuat narkoba,” katanya.

Apalagi dari kronologisnya, diketahui bahwa DR memesan barang secara online dari situs tokopedia.com. Melalui situs itu, ditemukan bahwa DR menemukan penjual barang yang dicari, tepatnya di situs aliexpress.com.

“Untuk itulah, kemudian petugas terkait melakukan penggeledahan di rumah DR, yang berlokasi di Jalan KDP Slamet Kota Kediri,” katanya.

Tapi dari upaya ini, lanjut dia, petugas setempat belum menemukan bukti lain. Lalu sementara waktu, barang bukti berupa cairan tinta itu dibawa ke kantor BNN Kota Kediri untuk diteliti lebih lanjut. (Ayu Citra SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz