Pelaporan SPT Meningkat Cukup Signifikan

Surat Pemberitahuan Tahunan
Menkeu Sri Mulyani Indrawati di salah satu acara. Menurut Menkeu, Pelaporan SPT Orang Pribadi (OP) tahun 2018 ini meningkat cukup signifikan. FOTO: KEMENKEU.GO.ID

JAKARTA-SUREPLUS: Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Orang Pribadi (OP) tahun 2018 ini meningkat sebanyak 14,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini menandakan antusiasme masyarakat dalam menyampaikan SPT Tahunan OP semakin besar.

“Tahun lalu jumlah SPT tahunan sebanyak 8.785.599 dan tahun ini mencapai 10.051.101,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di KPP Pratama Jakarta Menteng 2 dan KPP Madya se-Jakarta, Sabtu (31/03/2018).

Dikutip dari kemenkeu.go.id, Senin (02/04/2018), Menkeu Sri Mulyani menambahkan, untuk tahun 2018 ini juga terjadi pergeseran dari pengisian SPT Tahunan secara manual ke elektronik atau e-filing. Oleh karena itu, Menkeu akan terus berusaha meningkatkan infrastruktur jaringan ataupun sistem e-filing.

“Tahun lalu 6.733.107 yang menyampaikan (SPT) secara elektronik, tahun ini ada 8.213.098 jadi growth-nya mencapai 21,9 persen. Oleh karena itu, tantangan kita adalah meningkatkan dari sisi elektronik,” katanya.

Menkeu juga menghimbau kepada seluruh Wajib Pajak (WP) agar tidak selalu menunggu sampai batas akhir. “Minggu terakhir banyak yang mencoba mengisi menggunakan e-filing. Tetapi ada kendala, yaitu salurannya down. Kami juga minta maaf, hal itu menandakan bahwa kami juga harus meningkatkan kemampuan jaringan kita,” jelasnya.

Berlanjut ke lantai 3 kantor KPP Madya dimana disediakan khusus untuk pelayanan bagi Wajib Pajak yang sedang menyampaikan SPT melalui e-filing. Menkeu berinteraksi dengan hampir seluruh Wajib Pajak yang sedang mengisi e-filing didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Robert Pakpahan.

Menkeu menyampaikan bahwa tahun ini tercatat sebanyak 10.051.101 orang yang menyampaikan SPT Orang Pribadi. Sebanyak 8.213.098 WP yang menyampaikan melalui e-filling dan 1.838.003 melalui SPT manual. Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah sadar dan patuh untuk menyampaikan SPT.

“Tidak ada perpanjangan waktu lagi. Anda lihat, tidak ada teman-teman pajak yang libur. Membayar pajak penting bagi negara. Uang pajak Anda untuk Anda juga, kembali ke masyarakat dalam bentuk bangunan-bangunan atau pelayanan,” tutup Menkeu. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P