Emak-Emak Gambar Gresik Jadikan Hobi Menghasilkan

komunitas Emak Gambar Gresik
Komunitas Emak Gambar Gresik. FOTO: SUREPLUS.ID/SAHLUL FAHMI

GRESIK-SUREPLUS: Orang bisa terpuaskan dengan hobi. Karena itu, bagi sebagian orang bisa menyalurkan hobinya adalah sebuah anugerah yang tak ternilai harganya. Bahkan tak jarang orang yang rela menghabiskan banyak uang demi sebuah hobi.

Biasanya untuk mengembangkan hobinya orang akan mencari teman atau orang yang memiliki hobi yang sama. Jika dirasa cocok kebanyakan mereka lantas membuat komunitas agar eksistensi dari hobinya bisa lebih berkembang dan bermanfaat.

Setidaknya seperti itulah gambaran tentang berdirinya komunitas Emak Gambar Gresik yang digagas oleh Iska Ningrum Istanti. Komunitas EGG dibuat untuk menampung ibu-ibu yang memiliki hobi menggambar atau melukis.

“Mungkin karena saya ini suka menggambar jadi menggambar itu bagi saya adalah refreshing. Dan ketika mood menggambar datang dan saya punya waktu melakukannya itu seperti ‘me time’ banget,” ucap lulusan Ilmu Komunikasi Unair ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rahmi Desi Fi Nahari. Ibu dua anak itu juga mengatakan bahwa selain untuk mengisi waktu senggang aktifitas menggambar juga dapat sebagai terapi psikologis yang dapat menyeimbangkan pikiran dan jiwanya.

“Setelah menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga saya butuh sesuatu yang menyenangkan, dan itu adalah menggambar,” kata perempuan yang lebih suka menggunakan cat air sebagai media menggambarnya.

Namun jangan salah jika aktifitas ibu-ibu muda itu hanya aktifitas yang sia-sia. Dari hobinya ini mereka bisa mendapatkan keuntungan ganda. Pertama keuntungan yang didapat adalah keuntungan dari segi kepuasaan batin. Kedua adalah keuntungan berupa uang.

“Tiap kali selesai gambar biasanya saya posting di facebook dan instagram. Dari situ banyak orang tahu kalau saya punya keahlian menggambar. Mulailah ada yang order dibuatkan gambar dengan tema-tema tertentu,” ungkap Iska.

Lebih lanjut Iska menjelaskan bahwa kebanyakan pesanan yang didapat adalah untuk kado untuk ucapan ulang tahun, ulang tahun pernikahan, ucapan wisuda dll.

“Susahnya ketika order numpuk tapi mood gambar lagi gak ada. Kalau sudah begini saya minta maaf ke klien. Mereka tak suruh bersabar,” ungkap Iska yang lebih suka mengunakan spidol untuk karya-karyanya.(SAHLUL/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnaz