BI Kediri Bekali Tips UMKM

[caption id="attachment_984" align="aligncenter" width="800"]Workshop dan Klinik Digital Marketing Workshop dan Klinik Digital Marketing untuk para pelaku UMKM digelar di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri, Selasa (27/03/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR[/caption]

KEDIRI-SUREPLUS: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri berkomitmen terus mengembangkan jangkauan pasar para pelaku UMKM di wilayahnya. Hal ini dilakukan dengan menggelar Workshop dan Klinik Digital Marketing bertema ‘Saatnya Produk Lokal Dipasarkan Secara Digital’ kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

"Khususnya kepada mereka yang berdomisili di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri. Kegiatan ini dilakukan, untuk membantu pelaku UMKM dalam mengakses pasar

secara online baik melalui media sosial maupun melalui market place, serta bagaimana membuat foto produk yang berkualitas," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri, Djoko Raharto, pada Workshop dan Klinik Digital Marketing, di Bank Indonesia Kediri, Selasa (27/03/2018).

Lantaran, ungkap ia, sampai sekarang masih banyak pelaku UMKM yang belum bisa memanfaatkan digital marketing. Khususnya, dalam memasarkan produknya dan penyajian foto produk mereka juga masih sederhana.

"Sebagai institusi yang juga menaruh perhatian cukup besar terhadap pengembangan UMKM dan konsisten dalam menjaga apresiasi yang diberikan oleh stakeholders, Kantor Perwakilan BI Kediri menghadirkan workshop dan klinik ini," katanya.

Selain itu, tambah dia, perhelatan ini sekaligus untuk menangkap kebutuhan akan pentingnya marketing produk UMKM secara digital pada masa kini. Apalagi perkembangan bisnis UMKM memang penuh persaingan ketat. "Di sisi lain, juga mengedepankan efektifitas dan efisiensi dalam konektivitas transaksi," katanya.

Secara umum, sebut dia, antusiasme pelaku UMKM untuk mengikuti acara ini memang di luar dugaan. Bahkan hingga saat ini jumlah pendaftarnya sudah mencapai 200 orang. "Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan kapasitas ruangan dan efektivitas penyampaian informasi, maka jumlah peserta dibatasi sebanyak 120 orang," katanya.

Perlu diketahui, lanjut ia, di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Kediri, para pendaftar ini tak hanya berasal dari Kediri. Ada pula Ponorogo, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Surabaya, dan Malang. Sementara narasumber yang dihadirkan antara lain Daeng Faqih (Trainer Digital Marketing), Ade Fyrman Dwiputra (Praktisi Marketplace Marketing), dan Adhi Kusumo (Ahli Fotografi Alumnus New York of Photography of USA).

"Kami harap semakin banyak pelaku UMKM yang mampu menyajikan foto produk dengan baik dan menarik, sehingga berdampak terhadap peningkatan omset penjualan," katanya. (AYU CITRA SR/AZIZ)

Posting Komentar

0 Komentar