Samsung Galaxy Note 9 Kemungkinan Diluncurkan Juli

Samsung Galaxy Note 9
Galaxy Note 9 dikabarkan diluncurkan pada Juli atau awal Agustus mendatang. FOTO: GIZMOCHINA

SURABAYA-SUREPLUS: Setelah meluncurkan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, Samsung kini bersiap untuk meluncurkan smartphone seri Galaxy Note generasi terbaru, Samsung Galaxy Note 9.

Baru-baru ini, Gizmochina menemukan beberapa situs khusus yang menyebutkan bahwa Samsung telah mendaftarkan Galaxy Note 9 dengan nomor model SM-N960U. Laporan terbaru menyebutkan, bahwa smartphone ini kemungkinan akan diluncurkan lebih awal dari yang direncanakan.

Jika laporan tersebut bisa dipercaya, maka Galaxy Note 9 bisa jadi diluncurkan pada Juli atau awal Agustus mendatang. Indikasi ini mengingat Samsung Galaxy Note 8 diresmikan pada akhir Agustus dan mulai dijual pada pertengahan September tahun lalu.

Prediksi peluncuran awal perangkat Galaxy Note seri terbaru ini didasarkan pada laporan bahwa Samsung Display akan mulai membuat layar OLED untuk Galaxy Note 9 pada bulan April nanti. Mereka mengklaim bahwa produksi layar biasanya dimulai pada bulan Juni, sehingga menempatkan Galaxy Note 9 dua bulan lebih cepat dari jadwal.

Jika ponsel ini diluncurkan lebih awal, bisa jadi Samsung ingin mengalahkan iPhone generasi mendatang. Seperti isu yang sedang berkembang, bahwa ada indikasi Apple bakal meluncurkan tiga iPhone tahun ini, masing-masing dengan ukuran layar dan segmen harga yang berbeda. Untuk itu, peluncuran lebih dini Galaxy Note 9 dapat menguntungkan Samsung dalam hal penjualan.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa smartphone Galaxy Note yang akan datang tidak akan menampilkan sensor sidik jari di-display. Menurut kabar sebelumnya, teknologi sensor sidik jari di bawah tampilan tidak sesuai dengan standar keamanan Samsung. Namun, produsen ponsel cerdas seperti Vivo dan Huawei telah melompati teknologi baru ini.

Paling anyar, Samsung Galaxy Note 9 muncul di Geekbench, situs web benchmarking, yang mengungkapkan bahwa ponsel ini didukung oleh chipset andalan Qualcomm, Snapdragon 845 dengan RAM 6GB. Perangkat tersebut juga menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo out of the box.

Dalam daftar Geekbench, ponsel tersebut mencetak 2190 poin dalam skor single core dan 8806 poin dalam skor multi-core. Skor ini serupa dengan yang diumumkan Xiaomi Mi MIX 2s yang juga didukung oleh Snapdragon 845.

Galaxy Note 9 diharapkan hadir dengan Infinity Display 2.0 dengan layar S-AMOLED berukuran 6,3 inci yang sama dengan aspek rasio 18,5: 9. Konon ini tersedia dalam tiga varian penyimpanan, 64GB, 128GB, dan 256GB.

Ponsel ini dikabarkan akan dibekali baterai yang lebih besar dari pendahulunya. Jika Galaxy Note 8 mengemas baterai 3.400 mAh, Galaxy Note 9 diharapkan memiliki daya 3.800 mAh.(GCC/ZAL)