Nur Mudawati Sukses Sejahterakan Keluarga

Bermodalkan Usaha Bikin Bolu Ketepeng

Nur Mudawati, seorang pelaku UMKM kuliner asal Kabupaten Kediri memetik sukses dengan memproduksi roti Bolu Ketepeng sebagai unggulannya. FOTO: SUREPLUS.ID/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Nur Mudawati, seorang pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di bidang kuliner asal Kabupaten Kediri mengaku tidak mudah dalam membangun usahanya sejak nol. Hal ini karena pihaknya harus menghadapi berbagai kendala saat memproduksi roti Bolu Ketepeng sebagai produk unggulannya.

Sejumlah kendala ini, dijelaskan Nur, yakni keberadaan alat pemanggang roti yang memadai, guna mendukung pengembangan bisnis roti Bolu Ketepeng. Apalagi, selama berbisnis dia hanya menggunakan beberapa unit oven yang kualitasnya sederhana.

“Padahal, seiring besarnya permintaan konsumen terhadap Bolu Ketepeng, kami butuh sejumlah sarana prasarana yang memadai,” kata Nur Mudawati, pemilik usaha Bolu Ketepeng dan aneka roti kepada Sureplus.id, Kamis (29/03/2018).

Terlebih lagi, kata Nur, produksi roti bolu ini yang dibuatnya tersebut telah memiliki pelanggan tetap. Misalnya saja, konsumen dari dalam maupun dari luar Kota Kediri.

Sementara itu, guna menarik perhatian konsumen dia memiliki berbagai inovasi produk. Seperti halnya juga membuat roti mawar, roti garut, onde-onde pecah, serta kue kering lidah kucing.

Bahkan, dia tak segan, mengemas produknya dengan bentuk paket yang menarik dan tidak mudah pecah. Contohnya, berupa kemasan bahan kardus yang didesain unik dan dilengkapi pegangan semacam tas tangan.

“Dengan cara ini, maka produk yang dibeli pelanggan semakin awet dan bentuknya tetap utuh,” katanya.

Dari usahanya inilah, lanjut dia, pihaknya sudah mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga. Bahkan ikut membantu suami, dalam meringankan beban ekonomi keluarganya. Di samping itu, melalui kerja kerasnya tersebut anaknya berhasil menempuh pendidikan tinggi.

“Kami juga sudah memiliki izin usaha resmi dari pemerintah berupa PIRT,” katanya.

Selain itu, kemasan produk roti Bolu Ketepeng milik Nur Mudawati ini juga sengaja didesain dengan mencantumkan foto Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. Upaya ini supaya nama daerah Kediri, lebih dikenal masyarakat luas baik di Indonesia maupun di mancanegara. (AYU CITRA SR/AZIZ)